AS Kirim Ratusan Kendaraan Lapis Baja untuk Kelompok Teror di Suriah 

AS mengirimkan hampir 150 truk bermuatan kendaraan lapis baja dan peralatan ke Suriah. Kendaraan Lapis baja dan peralatan konstruksi serta pembangkit tenaga listrik itu diberikan kepada kelompok teror YPG/PKK. AL-HASAKAH (SALAM-ONLINE): AS mengirimkan hampir 150 truk berisi kendaraan lapis baja dan peralatan ke wilayah-wilayah di Suriah pada Senin (4/2/109) malam, menandakan tidak adanya penarikan pasukan AS dari negara itu.

Dilansir Anadolu Agency, Selasa (5/2), truk-truk bermuatan kendaraan lapis baja, peralatan konstruksi dan pembangkit listrik, melintasi gerbang Semalka di perbatasan Irak-Suriah untuk mencapai depot milik kelompok teror YPG/PKK dukungan AS di desa Harab Isk dan Sarrin.

Truk-truk itu membawa kendaraan Humwee, yang dikenal sebagai kendaraan serba guna dengan kemampuan gerak tinggi. Kendaraan ini diberikan AS kepada kelompok teror YPG/PKK melalui sayap militernya, SDF, di Suriah.

Pengiriman terjadi ketika para pejabat Turki dan AS mengadakan pertemuan di Washington untuk membahas pembentukan zona aman di Suriah utara dan peta jalan untuk stabilitas di Manbij.

Sumber-sumber di wilayah itu mengatakan sekitar 400 truk dikirim ke daerah-daerah yang diduduki oleh teroris YPG/PKK di Suriah dari pihak Irak sejak awal proses penarikan.

Desember 2018 lalu, Presiden AS Donald Trump tiba-tiba mengumumkan rencana untuk menarik pasukan Amerika dari negara yang lelah perang itu.

Baca Juga

Ketika Trump mengusulkan gagasan zona aman bebas teror di Suriah utara, pejabat AS menuntut Turki menjamin bahwa pihaknya tidak akan melakukan operasi terhadap kelompok teroris YPG/PKK.

Turki mendukung gagasan zona aman di Suriah, tetapi menentang permintaan AS untuk melindungi para teroris.

Seperti diketahui, dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK—yang oleh Turki, AS dan Uni Eropa, dimasukkan dalam daftar sebagai organisasi teroris—telah bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita dan anak-anak. YPG adalah cabang PKK di Suriah. (mus)

Sumber: AA

Baca Juga