Kelompok Teror YPG Hambat Konvoi Bantuan Kemanusiaan di Suriah

Kelompok Teroris dukungan AS mengadang konvoi 10 truk yang membawa kebutuhan dasar bagi warga sipil Suriah.

Kelompok teror YPG dukungan AS di Suriah

SALAM-ONLINE: Pasukan Demokratik Suriah (Syrian Democratic Forces) atau SDF yang dipimpin kelompok teror YPG mengadang konvoi bantuan kemanusiaan 10 truk yang dikirim ke kota Hajin, kata Kementerian Pertahanan Rusia, Rabu (30/1/2019).

Truk-truk yang membawa air botolan, makanan, peralatan medis dan produk-produk kebersihan pribadi untuk warga sipil itu diadang/dihambat di kota tepi timur Sungai Eufrat, kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan yang dikutip Anadolu Agency (AA), Kamis (31/1).

“Terlepas dari kenyataan bahwa PBB dan Komite Palang Merah Internasional memberi mandat kepada Bulan Sabit Merah Arab Suriah untuk melakukan pengiriman bantuan kemanusiaan yang bebas dan tanpa hambatan di seluruh Suriah, namun aksi kemanusiaan itu berantakan,” ujar kementerian itu.

Baca Juga

AS telah mendukung YPG/PKK dengan nama SDF. Namun kelompok dukungan AS ini dinilai oleh Turki sebagai cabang dari organisasi teror PKK di Suriah.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya di Turki, PKK—yang masuk dalam daftar organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa—bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita dan anak-anak.

Ankara sudah lama mengkritik AS karena bekerja sama dengan teroris PYD/YPG untuk memerangi Daesh (ISIS) di Suriah. Bagi Turki menggunakan satu kelompok teror untuk melawan kelompok teror lainnya, tidak masuk akal. (mus)

Sumber: AA

Baca Juga