Aksi 21-22 Mei: ‘Bloody Hands’

-Catatan M Rizal Fadillah-

SALAM-ONLINE: Media Australia “The Courier Mail” pernah menjadikan headline beritanya soal Presiden Jokowi dengan judul “Bloody Hands”. Saat itu peristiwa menimpa WN Australia yang dieksekusi kasus narkoba yang dikenal dengan Bali Nine tahun 2015.

Dalam media itu digambarkan Presiden berpakaian jas berdasi tersenyum dengan tangan kanan terangkat dan tapak tangannya bersimbah darah. Tentu itu adalah reaksi Australia atas hukum tembak yang dilaksanakan Pemerintah terhadap warga negaranya. Sedangkan Herald Sun memberi gambar sampul wajah Jokowi dengan tulisan “Portrait of the Killer”.

Nah entah dari mana asal muasalnya kini tiba- tiba beredar kembali di medsos kita media Australia memperlihatkan profil Presiden Jokowi dengan “tangan berdarah” di tengah peristiwa tragedi penembakan dan tindakan saat aksi 21-22 Mei. Sebuah peristiwa yang menewaskan dan melukai banyak peserta aksi damai tersebut.

Medsos kita kembali menampilkan sosok sang Presiden yang mesti bertanggungjawab atas pembunuhan atau pembantaian di area gedung Bawaslu dan sekitarnya seperti Petamburan danTanah Abang. Tangan Presiden yang berdarah—Bloody Hands.

Ditambah dengan tewasnya hampir 700 pelaksana Pemilu di bulan sebelumnya, maka Pemilu saat ini telah menimbulkan “tragedi berdarah” yang luar biasa. Meski dirasakan aneh oleh rakyat bahwa Pemerintahan Jokowi menyikapi hal ini dengan “adem ayem” saja. Tak ada kebijakan krisis yang seharusnya diambil. Mungkin cocok dengan foto tertawa di media Australia tersebut.

Jatuhnya korban tanpa upaya pencegahan sehingga terkesan adanya pembiaran itu dalam hukum bisa masuk pada kategori suatu kejahatan (crime by omission).

Baca Juga

Presiden yang tidak menindak aparat yang melakukan perbuatan melawan hukum, apalagi pelanggaran berat HAM, tentu menjadi penanggungjawab atas kejahatan tersebut.

Nampaknya pas jika kasus Pemilu saat ini beban tanggungjawab ada pada Presiden. Sebab Jokowi di samping sebagai kandidat juga de facto dan de jure adalah Presiden Republik Indonesia. Pengendali dan Kepala Pemerintahan.

Darah yang mengalir baik akibat tindakan aparat maupun sikap pembiaran adalah “the bloody hands” sang Presiden. Tuntutan akan berlanjut untuk aspek pertanggungjawaban politik dan hukum.

Meskipun masih bisa tersenyum bahkan tertawa, namun tangan Presiden seperti digambarkan media Australia tersebut dan kembali beredar di medsos kita, memang telah berlumuran darah.

Bloody hands, Mr President!

Bandung, 26 Mei 2019

-Penulis adalah Ketua Masyarakat Unggul (MAUNG) Bandung Institute

 

Baca Juga