Pakar: Turki, Malaysia & Pakistan Akan Pimpin Kebangkitan Dunia Islam

ANKARA (SALAM-ONLINE): Para pakar menyambut pernyataan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad yang menegaskan bahwa Turki, Malaysia dan Pakistan dapat membuka jalan ke depan untuk kebangkitan di dunia Islam.

“Dunia Islam membutuhkan kebangkitan,” kata Huseyin Bagci, pakar hubungan internasional di Universitas Teknik Timur Tengah di Ankara.

“Dan Perdana Menteri Mahathir membuat poin yang benar bahwa tiga ini setidaknya memulai proyek baru yang membuat dunia Muslim kompatibel dan kompetitif dalam ilmu-ilmu Islam, teknologi, pertahanan, dan lainnya,” kata Bagci seperti dikutip kantor berita Anadolu, Jumat (26/7/2019).

Perdana menteri Malaysia itu tiba di ibu kota Turki, Ankara, pada Rabu (24/7) malam untuk memulai kunjungan resminya selama empat hari.

Menguatkan kata-kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bahwa solidaritas antara Turki, Malaysia dan Pakistan “diperlukan untuk persatuan dunia Islam”, Mahathir mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers bersama Kamis (25/7) bahwa sangat penting untuk membebaskan umat Islam dari penjajahan.

“Itulah sebabnya saya mengusulkan agar tiga negara Muslim ini bekerja sama. Setidaknya tiga negara (Turki, Malaysia dan Pakistan) ini, sehingga kita dapat berbicara dengan suara yang lebih keras dalam banyak bidang; pertahanan, misalnya,” kata Mahathir.

Bagci setuju bahwa ketiga negara memiliki nilai-nilai bersama dalam demokrasi, hak asasi manusia dan kebebasan pers.

Dia mencatat bahwa Turki, Malaysia dan Pakistan menonjol dibanding dunia Arab.

“Sangat menarik bahwa mengapa Perdana Menteri Mahathir tidak menyebutkan negara Arab mana pun,” kata Bagci, merujuk pada catatan buruk mereka dalam menegakkan hak asasi manusia.

Baca Juga

Khususnya, Turki, Pakistan dan Malaysia adalah di antara para pendiri kelompok D-8 mayoritas Muslim yang berupaya membangun hubungan strategis, meningkatkan perdagangan, dan lebih banyak kerja sama di antara para anggotanya. Namun, kelompok tersebut belum menyadari potensinya.

Atas kegagalan nyata D-8, Bagci menyalahkan “terlalu banyak perpecahan, korupsi dan stagnasi di dunia Islam”.

“Mekanisme baru yang disarankan Mahathir dapat menyatukan bahkan Afghanistan dan negara-negara Asia Tengah,” katanya.

Direktur Pusat Islam dan Urusan Global yang berbasis di Istanbul, Profesor Sami A Al-Arian menggambarkan kunjungan Mahathir yang sedang berlangsung itu sebagai “bersejarah”.

“Kunjungan Perdana Menteri Mahathir ke Turki untuk bertemu Presiden Erdogan ini bersejarah, karena kedua pemimpin telah berulang kali dan sering dipilih secara demokratis oleh rakyat mereka,” ucap Al-Arian.

Dia mengatakan bahwa para pemimpin ini telah menunjukkan selama bertahun-tahun “stabilitas politik dan dinamika ekonomi”.

Menurut Al-Arian, kunjungan Mahathir terjadi pada saat tantangan ekonomi dan politik yang dihadapi oleh kedua negara “sangat besar mengingat ketidakpastian ekonomi global yang membayangi serta pergeseran geopolitik melintasi Timur Tengah karena perang perdagangan AS dengan Cina, dan masalah regional lainnya ”.

“Sanksi AS terhadap Iran dan ketegangan terbaru dengan Turki sehubungan dengan sistem pertahanan udara S-400, telah menghasilkan kekuatan-kekuatan regional lainnya, seperti Turki dan Malaysia. Keduanya datang bersama-sama lebih dekat untuk merestrukturisasi hubungan mereka sehingga berdiri tegak terhadap tekanan yang diterapkan terhadap ekonomi dan keamanan (negara) mereka,” terangnya. (mus/salam)

Baca Juga