Turki dan AS Memulai Patroli Bersama untuk Zona Aman Suriah

SANLIURFA (SALAM-ONLINE): Turki dan pasukan militer AS memulai patroli darat bersama fase pertama pada Ahad (8/9/2019) untuk zona aman yang direncanakan di sebelah timur Efrat di Suriah.

Kementerian Pertahanan Turki mengumumkan dimulainya patroli darat bersama di Twitter dan menyebut patroli tersebut didukung oleh kendaraan udara tak berawak.

Enam kendaraan lapis baja berbendera Turki bergabung dengan konvoi militer AS sepanjang 30 kilometer (18,6 mil) dari distrik Akcakale di tenggara provinsi Sanliurfa, sebagai bagian dari tahap pertama rencana zona aman, lapor kantor berita Anadolu, Ahad (8/9).

Pasukan gabungan akan melanjutkan patroli ke selatan dari Tal Abyad Suriah. Patroli diperkirakan akan berlanjut hingga siang hari.

Pada 7 Agustus lalu, pejabat militer Turki dan AS sepakat untuk membuat zona aman di Suriah utara dan mengembangkan koridor perdamaian untuk memfasilitasi pergerakan warga Suriah yang terlantar dan ingin kembali ke rumah. Mereka juga sepakat untuk mendirikan pusat operasi bersama.

Tim AS beranggotakan enam orang tiba di tenggara Turki pada 12 Agustus lalu untuk persiapan patroli bersama tersebut .

Perjanjian itu juga mempertimbangkan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi masalah keamanan Turki, termasuk membersihkan zona teroris YPG/PKK, sebuah kelompok yang kadang-kadang jadi sekutu AS, sehingga Turki keberatan.

YPG adalah sayap kelompok teror PKK di Suriah yang selama lebih dari 30 tahun dinyatakan bertanggung jawab atas kematian hampir 40.000 orang di Turki, termasuk bayi, anak-anak dan wanita. (mus/salam)

Sumber: Anadolu

Baca Juga
awefawef95172
%d bloggers like this: