Akun Pro Teroris PKK Suriah Memposting Konten Media Sosial Palsu

ANKARA (SALAM-ONLINE): Sejak awal operasi anti-teror Turki di Suriah utara, pendukung teroris PKK/YPG meningkatkan propagandanya di media sosial dengan memposting foto, video dan informasi palsu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Turki sejak 9 Oktober 2019 lalu melancarkan Operasi Mata Air Perdamaian (Operation Peace Spring) untuk membersihkan Suriah utara dari teroris dan mengamankan perbatasan Turki-Suriah. Selain itu, operasi damai dilakukan untuk membantu pemulangan pengungsi Suriah dengan aman, juga memastikan integritas teritorial Suriah.

Sejak operasi damai itu, kelompok PKK/YPG menyebarkan gambar-gambar yang menyesatkan dan tidak relevan dengan tujuan untuk memanipulasi opini publik global terhadap upaya kontra-terorisme Turki.

Sebuah foto—diposting oleh akun media sosial pro-PKK/YPG—menunjukkan mayat anak-anak yang diduga berada di Ras al-Ayn, wilayah Operasi Mata Air Perdamaian Turki. Padahal foto itu berasal dari Yaman yang juga dilanda perang. Foto itu merupakan dokumentasi perang Yaman pada 2016.

Akun pro-PKK/YPG lain menerbitkan foto seorang ibu dan anaknya yang meninggal di tengah puing-puing. Foto itu merupakan hasil jepretan pada 2016 di Suriah saat unjuk rasa mengkritik Presiden AS Donald Trump.

grafik; grafikli; infografik

Berikutnya, sebuah foto mayat bayi di bawah puing-puing dari sebuah bangunan yang dihancurkan oleh pasukan rezim di Suriah pada 2012 disebar oleh akun hasil manipulasi PKK/YPG. Akun tersebut secara keliru dengan sengaja menuduh foto itu sebagai peristiwa saat Turki melancarkan operasinya belum lama ini.

Manipulator PKK/YPG juga menggunakan foto bayi yang tewas saat demo mengecam keputusan Presiden AS Donald Trump untuk menarik pasukan dari Suriah utara. Pada kenyataannya, foto itu diambil saat lembaga pertahanan sipil Suriah White Helmets (Helm Putih) mengevakuasi warga sipil dari reruntuhan bangunan setelah serangan bom pasukan rezim Basyar Asad pada November 2018.

Akun PKK/YPG juga memanipulasi foto seorang anak yang meninggal dengan luka parah di wajah. Foto itu sudah beredar jauh sebelumnya, diterbitkan oleh akun lain pada November 2017.

Operasi Mata Air Perdamaian Turki

Turki sejak 9 Oktober meluncurkan Operation Peace Spring untuk membebaskan Suriah utara dari teroris, mengamankan perbatasannya, membantu pengembalian yang aman bagi para pengungsi Suriah dan memastikan integritas teritorial Suriah.

Ankara ingin membersihkan Suriah utara di sebelah timur Sungai Efrat dari teroris PKK dan sayapnya di Suriah (PYD/YPG).

Untuk diketahui, lebih dari 30 tahun dalam aksi terornya melawan Turki, PKK—yang oleh Turki, AS dan Uni Eropa dimasukkan dalam daftar organisasi teroris—dinyatakan bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi. (mus/salam)

Sumber: Anadolu

Baca Juga
awefawef95533
%d bloggers like this: