Turki dan Oposisi Suriah Bebaskan Kota Tal Abyad dari Teroris PKK

TAL ABYAD (SALAM-ONLINE): Pusat kota distrik Tal Abyad Suriah telah dibersihkan dari kelompok teroris YPG/PKK pada Ahad (13/10/2019) dalam operasi militer Turki dan pasukan oposisi Suriah (SNA).

SNA atau Tentara Nasional Suriah yang didukung Turki berhasil mengambil kendali atas distrik tersebut.

Tal Abyad adalah pusat kota kedua setelah Ras al Ayn yang diambil alih dalam lingkup Operation Peace Branch yang sedang berlangsung.

Sejauh ini, total dua pusat kota, satu kota dan 56 desa telah dibebaskan dari teroris YPG/PKK.

Dari distrik perbatasan Turki Akcakale di Provinsi Sanliurfa tenggara, Wartawan kantor berita Anadolu, Ahad (13/10) berhasil merekam situasi saat pejuang SNA terlihat gegap gempita setelah mengambil alih pusat kota Tal Abyad.

Menjelang sore, pejuang SNA yang bertempur di garis depan mendapatkan perolehan besar di bagian barat distrik tersebut.

Dalam pertempuran itu SNA berhasil mengambil alih dan mengamankan sepenuhnya Departemen Urusan Publik YPG/PKK.

Sejak Rabu 9 Oktober 2019 Turki melancarkan Operasi Mata Air Perdamaian (Operation Peace Spring) untuk membersihkan Suriah utara dari teroris.Tujuannya untuk mengamankan perbatasan Turki, membantu pengembalian yang aman bagi para pengungsi Suriah dan memastikan keutuhan integritas teritorial Suriah.

Ankara ingin membersihkan timur Sungai Eufrat di Suriah utara dari kelompok teroris PKK yang berhaluan komunis dan sayapnya di Suriah, PYD/YPG.

Lebih dari 30 tahun dalam aksi terornya di Turki, PKK—yang oleh Turki, AS dan Uni Eropa dimasukkan dalam daftar sebagai organisasi teroris—bertanggung jawab atas kematian 40.000 warga sipil, termasuk wanita, anak-anak dan bayi. (mus/salam)

Sumber: Anadolu

Baca Juga
awefawef95519
%d bloggers like this: