Fadli Zon Usul Presiden Langsung Memimpin Situasi Darurat, bukan Luhut

Fadli Zon

SALAM-ONLINE.COM: Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyerukan pemerintah agar meminta bantuan internasional untuk mengatasi pandemic Covid-19.

Menurut Fadli, langkah darurat ini penting, melihat angka penularan yang membubung tinggi.

“Kami butuh langkah darurat dan bantuan internasional. Pemerintah harus realistis dengan kenyataan ini,” kata Fadli Zon di kanal YouTube pribadinya, Rabu (7/7/2021).

Politisi Partai Gerindra ini menilai, infrastruktur kesehatan, logistik dan jumlah tenaga kesehatan yang ada sudah berada di ambang batas sehingga tidak sanggup lagi menghadapi situasi yang terus memburuk.

“Suka atau tidak suka harus meminta bantuan internasional. Intervensi global,” ujarnya.

Selain itu, dia mengingatkan, penanganan Covid-19 tidak akan berhasil jika pelaksananya rangkap jabatan. Sebab, membuat penanganan pandemi menjadi tidak fokus. Seharusnya, tutur Fadli, presiden langsung yang memegang jabatan tersebut.

Baca Juga

“Saya termasuk yang mengusulkan agar presiden langsung yang memimpin situasi darurat ini sehingga kementerian dan lembaga fokus menghadapi darurat pandemi secara bersama-sama,” tegas Fadli.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sekaligus Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Luhut Binsar Panjaitan sebagai Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa & Bali.

Pemerintah menerapkan PPKM Darurat di Jawa dan Bali berlaku pada 3 Juli hingga 20 Juli 2021.

Namun, terhitung setelah beberapa hari berjalan, kasus Covid-19 masih mencetak rekor. Bahkan pada Kamis, 8 Juli 2021, tercatat penambahan yang terpapar sebanyak 38.391 orang, sehingga total kasus Covid-19 di seluruh Indonesia tercatat 2.417.788 orang.

Sementara jumlah pasien Covid-19 yang sembuh pada Kamis (8/7/2021) mengalami peningkatan, yaitu sebanyak 21.185 orang. Ini menjadi jumlah pasien sembuh terbanyak. Total pasien Covid-19 yang sembuh hingga Kamis (8/7/21) mencapai 1.994.573 orang.

Di hari yang sama angka pasien Covid-19 yang meninggal bertambah 852 orang. Total akumulatif yang meninggal sebanyak 63.760 orang. (jpnn)

Baca Juga
awefawef103768