Ledakan Besar Terdengar Secara Berkala di Ibu Kota Ukraina

Jalan-jalan di pusat kota Ukraina menjadi kosong setelah jam malam diberlakukan

SALAM-ONLINE.COM: Suara ledakan besar terdengar secara berkala pada Sabtu (26/2/2022) pagi di ibu kota Ukraina, Kyiv.

Sebelum dibombardir, sirene yang keras juga terdengar di ibu kota Ukraina itu.

Jam malam yang diberlakukan, membuat jalan-jalan di pusat kota menjadi lengang dan kosong.

Tidak seperti beberapa daerah di wilayah Donbas di Ukraina timur—di mana pihak berwenang menggunakan pendekatan lampu jalan dan lampu lalu lintas agar redup sehingga tidak menarik perhatian di malam hari—jalan-jalan di pusat ibu kota tetap menyala terang.

Pada Jumat malam hari kedua operasi militer skala besar, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memperingatkan bahwa Rusia akan mencoba untuk “menyerbu” ibu kota, Sabtu. Zelenskyy bersumpah untuk melawan.

Baca Juga

Dia meminta para pembela negara berada di garis depan. “Malam ini musuh akan menggunakan semua kekuatan yang tersedia untuk mematahkan perlawanan kita,” ujarnya, dilansir Anadolu Agency, Sabtu (26/2/2022).

“Malam ini mereka akan menyerang kita. Kita semua harus mengerti apa yang akan kita hadapi. Malam ini kita harus bertahan. Nasib Ukraina sekarang sedang diputuskan. Setiap warga sipil harus berhati-hati,” katanya lagi menekankan.

Zelenskyy mengingatkan, setiap orang yang telah bergabung dengan pertahanan negara atau dapat membantu mempertahankan, dia meminta ‘hentikan musuh di mana pun Anda mampu (untuk menghentikan)’.

“Hapus tanda-tanda khusus yang ditinggalkan penyabot di jalan dan gedung. Bakar peralatan musuh dengan apa pun yang Anda bisa. Anda tidak boleh memberikan mereka kesempatan,” tegasnya. (S)

Baca Juga