OKI Kecam Keras Pembakaran Kitab Suci Al-Qur’an di Swedia

Pembakaran mushaf Al-Qur’an ini memicu aksi unjuk rasa dari umat Islam di Swedia

SALAM-ONLINE.COM: Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada Selasa (19/4/2022) mengecam keras pembakaran Kitab Suci Al-Qur’an di Swedia.

Sekretaris Jenderal OKI Hissein Brahim Taha mengecam tindakan provokatif pembakaran Al-Qur’an dalam demonstrasi anti-Muslim yang berlangsung di Linkoping, Norrkoping dan kota-kota lain di Swedia.

Pembakaran itu telah menimbulkan kekhawatiran umat Islam terkait “tren Islamofobia yang dilanggengkan oleh para pendukung ekstrem sayap kanan”.

Baca Juga

“Bagaimanapun, pembakaran Al-Qur’an tidak mencerminkan pandangan mayoritas warga Swedia dan Eropa,” kata Brahim Taha, dikutip redaksi dari Kantor Berita Anadolu, Rabu (20/4).

Pekan lalu, Rasmus Paludan, pemimpin kelompok sayap kanan Stram Kurs (Garis Keras), membakar Kitab Suci umat Islam di kota Linkoping selatan Swedia. Dia juga mengancam akan membakar Al-Qur’an dalam aksi demonstrasi berikutnya.

Turki, Arab Saudi, sejumlah negara, organisasi Arab dan Muslim yang mengutuk pembakaran Qur’an itu, menyebut tindakan tersebut sebagai provokasi dan hasutan terhadap umat Islam. (S)

Baca Juga