Ucapan Selamat dari Penjuru Dunia Terus Mengalir untuk Presiden Erdogan

Presiden Recep Tayyip Erdogan

SALAM-ONLINE.COM: Ucapan selamat atas kembali terpilihnya Recep Tayyip Erdogan sebagai Presiden Turki terus mengalir. Para pemimpin dari penjuru dunia melanjutkan ucapan selamatnya, Selasa (30/5/2023), setelah Presiden Erdogan memenangkan pemilu putaran kedua, Ahad (28/5), demikian dilansir Kantor Berita Anadolu, Selasa (30/5).

Melalui telepon, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengucapkan selamat kepada pemimpin Turki atas kemenangannya. Sebuah pernyataan dari Direktorat Komunikasi Kepresidenan Türki mengatakan, bahwa keduanya, Stoltenberg dan Erdogan, juga membahas perkembangan regional dan global.

Sebelumnya Stoltenberg mengatakan di Twitter: “Kami membahas masalah utama untuk #NATOSummit mendatang di Vilnius, melanjutkan dukungan untuk #Ukraina, memperkuat pencegahan & pertahanan kami & menyelesaikan aksesi Swedia ke NATO.”

Swedia mengesahkan undang-undang anti-teror pada November, berharap Ankara akan menyetujui tawaran Stockholm untuk bergabung dengan NATO. Undang-undang baru, yang mulai berlaku pada 1 Juni, akan memungkinkan pihak berwenang untuk mengadili individu yang mendukung kelompok teroris.

Secara terpisah, juga melalui telepon, Presiden Senegal Macky Sall memberi selamat kepada Erdogan atas terpilihnya kembali sebagai presiden.

Baca Juga

Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati juga menelepon Erdogan untuk mengucapkan selamat kepadanya atas kemenangannya dalam pemilihan presiden.

Masih melalui telepon, Presiden Republik Kongo Denis Sassou N’Guesso juga mengucapkan selamat kepada Erdogan atas kemenangannya.

Raja Yordania Abdullah II, Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani, Presiden Albania Edi Rama dan Kepala Dewan Tinggi Negara Libya Khaled Al-Mishri, juga menelepon Erdogan melalui untuk menyampaikan ucapan selamat mereka.

Selanjutnya, Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan Ketua Dewan Kedaulatan Sudan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, juga menyampaikan ucapan selamatnya kepada Erdogan via telepon.

Semua pemimpin itu menyatakan harapan mereka agar hasil pemilu yang baru saja digelar pada Ahad, 28 Mei lalu, bermanfaat bagi rakyat Turki. (mus)

Baca Juga