Di Jerman, Qur’an Dibakar dan Dilempar dari Kendaraan ke Depan Masjid

Al-Qur’an dibakar, kemudian dilempar dari kendaraan yang bergerak ke depan Masjid Mimar Sinan, Maulbronn

SALAM-ONLINE.COM: Aksi keji pembakaran Kitab Al-Qur’an kembali terjadi di Eropa. Kali ini aksi teror dan provokatif itu dilakukan di depan sebuah Masjid di Jerman.

Setelah dibakar, kitab suci umat Islam itu dilempar dari kendaraan yang bergerak menuju Masjid Mimar Sinan di kota Maulbronn, di negara bagian Baden-Wurttemberg, Jerman barat daya, demikian dikonfirmasi oleh Persatuan Islam Turki untuk Urusan Agama (DITIB), Senin (10/6/2023).

Osman Adıbelli, direktur asosiasi Masjid, mengatakan insiden itu terjadi pada Sabtu malam, 8 Juli 2023.

“Setelah kejadian itu, kami mengecek rekaman pengawasan Masjid, kami melihat sebuah benda dilemparkan ke depan Masjid dari sebuah kendaraan di jalan utama. Sekitar pukul 04:45 jamaah kami yang datang untuk shalat Subuh melihat Al-Qur’an yang dibakar nampak di pintu masuk Masjid,” terangnya seperti dikutip Daily Sabah, Senin (10/6).

Adibelli mengatakan pihaknya telah mengajukan tuntutan pidana atas insiden tersebut.

Baca Juga

“Karena ada pantulan lampu depan kendaraan yang mendekati bagian depan Masjid, jadi kami tidak mengetahui nomor plat atau berapa banyak orang yang terlibat dalam serangan itu,” lanjutnya.

Mengekspresikan kesedihan dan keprihatinan yang mendalam atas serangan itu, Adıbelli mengatakan bahwa penyelidikan telah dilakukan terkait teror dan aksi provokatif itu.

Insiden itu terjadi setelah beberapa pembakaran atau penodaan Al-Qur’an berlangsung di berbagai negara Eropa, termasuk pembakaran Al-Qur’an baru-baru ini di depan sebuah Masjid di Swedia—yang dilakukan di bawah perlindungan polisi—sehingga memicu kemarahan internasional.

Para pemimpin dan politisi Muslim telah menekankan bahwa penodaan dan provokasi semacam itu tidak terdapat dalam undang-undang kebebasan berekspresi. (S)

Baca Juga