Pengaruh Lingkungan terhadap Kepribadian Tokoh Rui dalam Film Your Eyes Tell

Ryusei Yokohama saat memerankan tokoh Rui dalam film Your Eyes Tell: menggambarkan pengaruh lingkungan terhadap kepribadian seseorang

SALAM-ONLINE.COM: Film Your Eyes Tell adalah film Jepang yang dirilis pada tahun 2020. Film ini merupakan adaptasi dari film Korea Selatan berjudul Always yang dirilis pada tahun 2011 silam. Film ini disutradarai oleh Takahiro Miki.

Your Eyes Tell berkisah tentang kisah cinta yang mengharukan antara seorang pria yang bekerja sebagai atlet boxing bernama Rui (diperankan oleh Ryusei Yokohama) dan seorang wanita yang kehilangan penglihatannya bernama Akari (diperankan oleh Yuriko Yoshitaka). Mereka bertemu ketika Rui membantu Akari untuk mencari kembali semangat hidupnya. Film ini menggambarkan tantangan cinta mereka yang unik dan berbeda. Film ini juga menarik perhatian karena menyertakan lagu berjudul Your Eyes Tell, yang dinyanyikan oleh grup musik populer Korea Selatan, yaitu BTS.

Lingkungan adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yg mempengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya (KBBI, 2008:831). Jadi lingkungan adalah salah satu faktor pembentukan kepribadian seseorang. Lingkungan yang pertama kali dikenalkan kepada seseorang adalah lingkungan keluarga, yakni tempat mendapatkan ajaran moral dan tempat bersosialisasi untuk pertama kalinya.

Lingkungan keluarga adalah suatu media pertama dan utama yang berpengaruh terhadap perilaku dalam perkembangan anak (Coni Semiwan, 2010:1). Dalam lingkungan inilah kepribadian seseorang akan terbentuk. Lingkungan yang kedua adalah lingkungan yang lebih luas, yaitu lingkungan sosial. Lingkungan sosial adalah semua orang atau manusia lain yang mempengaruhi kita, baik secara langsung maupun tidak langsung (Purwanto, 2009:73).

Di lingkungan sosial ini seseorang mulai bersosialisasi dengan masyarakat luas, mulai diajarkan norma-norma sosial dan aturan-aturan dalam masyarakat. Dalam lingkungan sosial ini kepribadian seseorang akan mulai berkembang. Begitu pula yang dialami oleh tokoh Rui dalam film Eyes Your Tell. Berikut latar belakang lingkungan keluarga dan lingkungan sosial tokoh Rui:

a. Lingkungan Keluarga

Ketika Rui berusia kurang lebih 5 tahun, Rui digendong oleh ibunya yang akan mengakhiri hidupnya dengan menenggelamkan dirinya ke laut karena ada permasalahan di keluarganya. Di dalam film tidak disebutkan dengan jelas apa konflik yang ada di dalam lingkungan keluarga Rui sehingga ibunya nekat melakukan bunuh diri. Beruntungnya Rui terselamatkan dalam insiden tersebut karena sempat ditolong oleh warga setempat dan Rui pun selamat. Setelah insiden tersebut Rui menjadi seorang anak yang tumbuh tanpa kasih sayang seorang ibu dan ayah.

b. Lingkungan Sosial

  1. Lingkungan di panti asuhan

Semenjak kejadian itu Rui dibawa ke panti asuhan untuk diasuh di sana dan juga memperbaiki keadaan mentalnya. Di panti asuhan Rui diasuh oleh biarawati yang bernama Mieko Ooura . Di panti asuhan Rui berteman dengan Kyosuke. Kyousuke adalah seorang anak panti yang nakal dan suka menindas anak panti lainnya. Setiap bermain dengan Rui, tak jarang Kyousuke menghasut Rui untuk menindas anak panti yang lainnya.

Awalnya Rui enggan melakukan tindakan tersebut. Tetapi karena memiliki latar belakang yang sama dengan Kyousuke, yaitu permasalahan di dalam lingkungan keluarga, lama kelamaan Rui terhasut oleh ajakan Kyousuke dengan menindas teman-temannya di panti.

  1. Lingkungan di boxing ilegal dan Yakuza

Di masa dewasanya, Rui bergabung dalam club boxing ilegal dan organisasi Yakuza. Rui mengikuti Yakuza karena hasutan dari Kyousuke. Di dalam organisasi tersebut anggota-anggotanya banyak melakukan aktivitas yang negatif seperti pembunuhan, minum minuman keras, utang piutang dan perjudian. Dalam pertandingan boxing Rui adalah petarung hebat dan sering memenangkan pertandingan.

Di suatu waktu Rui pernah diajak untuk menagih utang kepada nasabah oleh bos Yakuzanya. Rui diajak karena dia adalah pemukul yang hebat. Jika nasabah tidak membayar utangnya lunas maka nasabah akan dipukul habis oleh Rui. Ketika nasabah bertemu dengan bos Yakuza benar saja, utang nasabah tersebut tidak dibayar lunas. Alhasil nasabah tersebut dipukul habis oleh Rui dan nasabah itu tidak tahan dengan penderitaan yang dialaminya, sehingga dia membakar dirinya dan loncat dari gedung.

Baca Juga

Sesaat setelah kejadian tersebut, sudah ada regu polisi yang tiba ke lokasi. Ada yang melaporkan ke polisi karena ada yang melihat tindak kekerasan tersebut. Semenjak kejadian itu Rui menjadi tersangka dalam kejadian tersebut dan ditahan selama 3 tahun 5 bulan.

  1. Bertemu dengan Akari

Setelah keluar dari penjara, Rui bertekad untuk tidak terhasut dalam club boxing ilegal dan organisasi Yakuza. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya Rui bekerja di salah satu kantor sebagai satpam menggantikan satpam sebelumnya yang berhenti. Di tempat kerjanya itulah Rui bertemu dengan gadis setengah tunanetra yang bernama Akari.

Selesai bekerja biasanya Akari pergi ke pos satpam. Setibanya di pos satpam Akari kaget karena satpam yang sebelumnya tidak ada dan telah digantikan oleh Rui. Akari pun memutuskan untuk pulang. Tetapi saat itu sedang hujan, jadi Akari menunggu hujan reda di pos satpam bersama Rui.

Di pos satpam mereka menonton film bersama. Akari dengan keterbatasan penglihatannya selalu menanya kepada Rui bagaimana visual dari toko-tokoh dalam film itu. Singkat cerita, lama kelamaan mereka saling jatuh cinta dan saling mengenali satu sama lain serta kisah masa lalu mereka masing-masing, kecuali masa kelamnya Rui tentang Yakuza dan dunia boxing ilegal. Semenjak itu Rui dan Akari selalu menghabiskan waktu bersama dan Rui rela melakukan apa saja demi kebutuhan Akari.

Suatu ketika Rui butuh biaya untuk untuk operasi mata Akari. Ia rela terjun ke dunia boxing ilegal lagi untuk menanggung biaya operasi operasi mata Akari yang buta disebabkan oleh ulah Rui. Sewaktu kejadian nasabah bunuh diri dengan loncat dari gedung, ternyata saat kejadian itu di lokasi yang sama, Akari sedang mengemudi mobil bersama ayah dan ibunya. Kemudian Akari melihat nasabah yang loncat itu. Fokus Akari tertuju pada nasabah yang loncat hingga akhirnya fokus Akari hilang dan menabrak mobil di depannya hingga mobil yang dikendarai Akari mengalami kecelakaan yang menyebabkan mata Akari setengah buta dan kedua orang tuanya meninggal.

Rui yang merasa bersalah dan menyesal setelah tahu hal itu, akhirnya kembali terjun ke Yakuza dan boxing ilegal guna mendapatkan uang taruhan, lalu uangnya diberikan ke Akari untuk operasi mata.

Dari penjelesan di atas dapat disimpulkan bahwa penentuan kepribadian seseorang dimulai dari dalam keluarga. Jika di dalam suatu keluarga terjadi masalah dan tidak segera diselesaikan maka akan berdampak buruk bagi lingkungan keluarganya, terlebih lagi jika memiliki anak. Tanpa adanya kasih sayang di dalam keluarga, anak bisa dengan mudah merasa kecewa dengan dirinya sendiri.

Akibatnya, anak mungkin akan merasa kesepian atau terisolasi dari orang tua mereka dalam situasi ini dan akan mengganggu kesehatan mental, seperti depresi, kecemasan dan paranoia. Dan anak pun kurang disiplin dan tidak bertanggung jawab karena tidak memiliki panutan untuk diteladani saat tumbuh dewasa.

Teman adalah bagian penting dalam kehidupan sosial seseorang. Seorang teman dapat memengaruhi pikiran, sikap dan perilaku. Terkadang, kita tidak menyadari ada teman di sekitar kita berpengaruh buruk bagi kita. Teman berpengaruh buruk dapat mendorong perilaku negatif dalam diri seseorang. Biasanya teman yang negatif akan mengajak terlibat dalam kegiatan berisiko, seperti penggunaan narkoba atau alkohol secara berlebihan, perilaku agresif, atau tindakan ilegal lainnya.

Dalam film Eyes Your Tell, tokoh Rui cenderung memiliki lingkungan keluarga dan lingkungan sosial yang negatif. Mulai dari disorganisasi keluarga dan salah memilih teman ketika berada di panti asuhan yang akhirnya—saat dewasa—Rui terhasut untuk mengikuti Yakuza dan boxing ilegal. Lalu Rui sempat dipenjara selama 3 tahun 5 bulan lantaran seorang nasabah yang ditagihnya nekat bunuh diri karena tidak mampu melunasi utangnya.

Setelah keluar dari penjara Rui bekerja di sebuah kantor dan bertemu Akari. Peran Akari dalam film sebagai agent of change Rui. Semenjak bertemu dengan Akari, kepribadian Rui berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Rui sudah bertekad untuk tidak mengikuti lingkungan sosial yang negatif . Rui menjadi pribadi yang peduli terhadap sesama, bertanggung jawab dan pekerja keras.

Ario Sukamdani, Jurusan Satra Jepang, Universitas Andalas, Padang (Sumbar)

Baca Juga