ACT Kirim Relawan untuk Muslim Rohingya

Menanti uluran tangan…

JAKARTA (salam-online.com): Meski pemerintah Indonesia masih belum menunjukkan kepeduliannya terhadap tragedi tragis Muslim Rohingya di Myanmar (Burma)–baik dalam bantuan materi (logistik), medis maupun diplomasi–tak demikian halnya dengan rakyat negara mayoritas Muslim ini.

Sejumlah ormas Islam, lembaga-lembaga kemahasiswaan Islam, dan lainnya telah menunjukkan solidaritas mereka dengan mendemo kedubes Myanmar di Jakarta. Di bawah koordimasi Forum Umat Islam (FUI) kaum Muslimin mendesak kedubes Myanmar untuk menyetop pembantaian yang dilakukajn terhadap Muslim Rohingya. Tak ketinggalan, di beberapa daerah, ormas-ormas Islam pun bergerak dan menyatakan solidaritasnya.

Sementara HMI Jakarta meminta pemerintah RI untuk bersikap tegas kepada pemerintah Myanmar agar menghentikan kekerasan terhadap Muslim Rohingya. Jika tak digubris, HMI Jakarta siap mengusir dubes dan menutup kedubes Myanmar di Jakarta. Maka, HMI Jakarta pun mendemo kedubes Myanmar menyusul ormas-ormas Islam lainnya.

Kini, tak hanya solidaritas dalam bentuk tekanan dan unjuk rasa. Bantuan dalam bentuk logistik dan kesehatan pun siap diturunkan.    Lembaga kemanusiaan ACT (Aksi Cepat Tanggap) akan menerjunkan 3 relawannya.

Wilayah tak berpenghuni, karena warganya terusir…
Baca Juga

Vice President ACT Syuhelmaidi Syukur menyatakan, ACT menerjunkan dokter dan tim media internalnya. Hal ini disampaikan Syuhelmaidi saat acara pelepasan relawan, di Resto Bumbu Desa, Jl Cikini Raya, Jakarta, Kamis (26/7/2012). “Kita kirim 3 orang, dokter dan tim media internal,” ujarnya.

Para relawan akan terbang pada hari Minggu atau Senin depan ke Bangladesh. Dari Bangladesh, tim  menuju Rohingya lewat jalur darat.

Informasi yang diterima, kata Syuhelmaidi, kondisi di sana sangat memprihatinkan. Karenanya,  Tim ACT akan membawa peralatan dan bantuan medis bagi warga Rohingya.

Syuhelmaidi berharap pemerintah Indonesia mengambil langkah konkret, apalagi tragedi ini terjadi di kawasan ASEAN. Pemerintah Indonesia, menurutnya, perlu menggalang solidaritas ASEAN untuk menghentikan tindakan represif pemerintah Myanmar terhadap rakyatnya sendiri, yakni warga Rohingya.

Selanjutnya, ACT menerima donasi untuk membantu pengungsi Muslim Rohingya. Saluran bantuan dapat dikirim melalui rekening Bank Syariah Mandiri: 10 1000 5557, Bank Permata Syariah: 0970 6130 48, Bank Mandiri: 128 000 4723 620, BCA: 6760 3008 60, atas nama Aksi Cepat Tanggap. Atau dapat menghubungi 021-7414482. (s/salam-online)

Baca Juga