Jaminan Bebas Produser Film Anti-Islam Ditolak

CALIFORNIA (salam-online.com): Produser film the Innocence of Muslims Sam Bacile alias Nakoula Basseley Nakoula, 55 tahun, ditangkap polisi Los Angeles, Jumat (28/9/2012) kemarin di California.

Warganegara AS ini dituduh melanggar masa percobaan karena mengunggah cuplikan film itu ke Youtube dan melakukan sejumlah penipuan.

Pengadilan federal memerintahkan dia ditahan tanpa jaminan pembebasan.

Pengadilan California Amerika tiga tahun lalu mendakwa Nakoula menipu sejumlah bank di Amerika. Pengadilan memvonis dia dengan hukuman penjara dan denda Rp 74,6 miliar.

Dia saat ini dalam status bebas bersyarat dan dilarang memakai komputer dan Internet selama lima tahun.

Bacile meminta jaminan pembebasan pada pengadilan, namun ditolak. “Pengadilan makin tidak percaya pada terdakwa Bacile,” kata Hakim Suzanne Segal seperti dilansir stasiun Al Arabiya, Jumat (28/9/2012).

Baca Juga

Catatan pengadilan menyebutkan Nakoula dilarang menggunakan nama samaran tanpa izin. Dia kini menghadapi delapan pelanggaran dalam masa percobaan.

Pengacara Nakoula mengatakan permintaan kliennya untuk menyerahkan jaminan pembebasan sebesar Rp. 95.700.000 telah ditolak meski selama ini kilennya sudah bekerjasama dan berkomunikasi dengan polisi dalam persembunyian.

Jaksa penuntut menegaskan Bacile bisa dijebloskan lagi ke penjara selama dua tahun jika ia terbukti telah menipu dan melanggar ketentuan pengadilan dalam masa pembebasan bersyaratnya.

“Terutama dia tidak mengaku siapa dirinya sebenarnya kepada para pemain filmnya,” kata Asisten Pengacara Robert Dugdale. (merdeka/salam-online)

Baca Juga