Ingin Naik Haji, Seorang Pria Nekat Nyamar Jadi Perempuan

Suasana Imigrasi Bandara King Abdul Aziz, Jeddah

JEDDAH (SALAM-ONLINE.COM): Polisi Arab Saudi menggagalkan upaya seorang lelaki yang nekat menyamar menjadi perempuan untuk menunaikan ibadah haji ke Kota Makkah. Pria berpakaian wanita itu mencoba mengelabui Aid al-Harbi, petugas pemeriksa paspor.

Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Rabu (24/10/2012), Harbi saat ini sudah menahan 73 orang, baik warga Saudi maupun warga asing sebab mencoba masuk ke Makkah tanpa izin haji.

Dia mengatakan, Direktorat Paspor Saudi juga menahan 281 warga asing yang mencoba memperpanjang masa tinggal mereka dan menangkap 207 orang yang berusaha masuk ke Saudi secara ilegal.

Al Harbi mengaku ada seribu lebih orang yang sudah dipulangkan sebab tidak membawa pakaian yang layak untuk berhaji. Sebagian dari mereka menggunakan paspor atau visa palsu.

Selain itu, polisi telah menghentikan sedikitnya delapan bus yang membawa calon haji tanpa izin di sejumlah jalan tol. Mereka dihukum membayar denda, dipenjara, atau dipulangkan.

Setiap tahun jamaah haji yang mencoba masuk Kota Suci melalui pegunungan di sekitar Makkah terus bertambah. Pihak kepolisian Saudi terus berupaya mengatasi masalah ini. Sekitar 245.000 pegawai pemerintah dikerahkan untuk mengawal pelaksanaan haji yang setiap tahunnya diikuti sekitar tiga juta orang dari seluruh dunia. (merdeka/salam-online)

[fas]
Baca Juga
Baca Juga