Polisi Malaysia Juga Terkenal Paling Korup

KUALA LUMPUR (salam-online.com): Tidak hanya di Indonesia, kepolisian Malaysia juga terkenal sebagai lembaga terkorup di negara jiran itu.

Situs malaysia-chronicle.com melaporkan Juli 2012 lalu, kebanyakan warga Malaysia memandang kepolisian mereka korup. Mereka menuding korps berseragam serba biru ini sewenang-wenang, arogan, dan sering mengintimidasi.

Menurut lembaga pemeringkat korupsi dunia Global Corruption Barometer (GCB) dua tahun lalu, kepolisian Malaysia menjadi institusi terkorup melebihi partai politik, pegawai negeri, dan sektor bisnis.

Kepala Kepolisian Malaysia Jenderal Ismail Umar membantah daftar itu. Menurut dia, hanya satu persen dari 120 ribu anggota polisi terlibat korupsi dan tindakan tak bermoral lainnya.

Baca Juga

Presiden Transparency International Malaysia Paul Low menilai hasil survei di negaranya berbeda dengan kebanyakan negara lain. Biasanya lembaga paling korup adalah partai politik, disusul pegawai negeri, dan institusi hukum.

Dia memuji inisiatif pemerintah buat memerangi rasuah (korupsi) dan kepercayaan rakyat atas kebijakan pemerintah di sektor itu. “Sayangnya, masih ada isyarat kurangnya kemauan politik untuk membasmi korupsi,” dia menegaskan, seperti dilansir situs themalaysianinsider.com. (merdeka)

Baca Juga