Pria Asal Bosnia Ini Berjalan kaki Melewati 6 Negara Menuju Makkah untuk Berhaji

MAKKAH (SALAM-ONLINE.COM): Seorang jamaah calon haji asal Bosnia, Senad Hadzic, 47 tahun, berhasil tiba di Makkah, Arab Saudi dengan selamat setelah menempuh ribuan mil dan melewati enam negara.

Ia berangkat dari Banovic, Utara Bosnia, sejak Juni 2012 lalu.

Setiap hari ia berjalan kaki 12-20 mil per hari. Ia berhasil melewati Serbia, Bulgaria, Turki, Yordania, Suriah, sebelum memasuki Arab Saudi. Ia hanya membawa perbekalan apa adanya seperti Al-Qur’an, peta dan bendera dari enam negara yang hendak ia lalui. Ia taruh perbekalan itu dalam sebuah tas.

Ia juga membawa plastik guna melindungi bawaannya ketika terkena hujan.”Saya tidur di masjid, sekolah, tempat lain termasuk rumah warga. Mereka sangat ramah dan baik. Beberapa orang bertanya padaku, apakah tidak takut jalan sendiri. Saya katakan Allah SWT bersamaku,” katanya.

Spirit yang terdapat dalam jiwanya mengalahkan jarak tempuh 6.000 kilometer hingga mencapai kota suci Mekkah, Arab Saudi. Ia tiba di Makkah, Senin (22/10/2012) dalam kondisi sehat walafiat.

Baca Juga

Alasan berhaji lewat jalan kaki itu dilakukannya karena tidak mampu mengumpulkan biaya. “Sejak dulu saya berniat beribadah haji, tapi tidak mampu dengan biaya perjalanan normal seperti jamaah haji yang biasanya naik pesawat,” katanya.

Selama dalam perjalanan, Senad mengaku hanya membekali dirinya dengan uang tunai sebesar 200 euro. Hingga mencapai Arab Saudi, Senad menempuh jalan berliku melewati enam negara.

Akhirnya Senad sekarang bergabung dengan sekitar dua juta jamaah haji dari berbagai pelosok dunia untuk menapak tilas perjalanan suci Nabi Ibrahim tersebut. Allahu Akbar! (antara)

Baca Juga