Seorang Ulama Dibunuh di Benghazi

BENGHAZI (SALAM-ONLINE.COM): Seorang ulama Libya dibunuh di wilayah timur Benghazi, Jumat (2/11/2012), ketika ia sedang menuju masjid untuk mengumandangkan adzan Subuh.

“Orang-orang bersenjata tak dikenal menembak Sheikh Abdullah al-Fussay di depan Masjid Abu Ayyub al-Ansari,” kata seorang juru bicara Kantor Kementerian Dalam Negeri di Benghazi kepada AFP.

Ulama berusia 70 tahun itu ditugaskan oleh Kementerian Urusan Agama Libya di masjid tersebut, dimana siswa belajar menghafal Al-Qur’an.

Tokoh-tokoh (ulama) sejauh ini terhindar dari gelombang pembunuhan yang melanda Libya timur.

Dilaporkan, puluhan pejabat yang memiliki hubungan dengan rezim Muammar Qaddafi, tewas dalam serangan-serangan yang diyakini sebagai pembalasan oleh kelompok yang telah bebas dari penjara.

Baca Juga

Pada Rabu, seorang mantan anggota komite revolusi era Qaddafi dibunuh di kota Derna, Libya timur, yang merupakan daerah bergolak kelompok yang menolak demokrasi ala Barat.

Kelompok Islam Libya secara historis terpusat di wilayah timur negara itu dan mengirim para pejuangnya ke Afghanistan, Irak dan kini Suriah.

Kelompok itu dituduh bertanggung jawab atas serangan 11 September 2012 lalu terhadap sebuah konsulat AS di Benghazi yang menewaskan empat orang Amerika, termasuk Duta Besar Chris Stevens. (antara)

Baca Juga