Turki Akan Biayai Pendidikan Tunggi untuk Mahasiswa Muslim Rohingya

Rohingya-DEMO KAMMI Bandung bela MUSLIM ROHINGYA-jpeg.image
Demo mahasiswa Indonesia bela Muslim Rohingya

TURKI (SALAM-ONLINE): Yayasan Urusan Agama Turki (TDV) memulai sebuah proyek untuk para siswa Muslim Rohingya dalam menutupi biaya universitas mereka, seperti dilansir MuslimsToday, Jumat (15/3/2013).

Seratus siswa akan didukung di dua universitas, dengan perjanjian yang telah disimpulkan.

Deputi Direktur Umum TDV, Mustafa Tutkun, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa Muslim Rohingya menghadapi masalah serius dalam hal pendidikan. Mereka tidak bisa membuat suara mereka didengar ketika akses untuk pendidikan tinggi tidak lagi dimiliki

“Selama pendidikan Muslim Rohingya tertinggal, mereka tidak dapat berkontribusi terhadap penyebab dan pemecahan masalah mereka,” kata Tutkun.

Tutkun mengatakan bahwa mereka bertemu dengan para pejabat dari International Islamic University Chittagong di Bangladesh dan membuat kesepakatan meliputi biaya pendidikan dan beasiswa Muslim Rohingya untuk belajar di sana.

Dia mengatakan, proyek tersebut dilakukan bersama-sama dengan Organisasi Solidaritas Rohingya dan TDV akan membayar pengeluaran dan beasiswa para mahasiswa tersebut.

Muhammed Yunus, Presiden Organisasi Solidaritas Rohingya, mengatakan bahwa pemerintah Myanmar tidak mengizinkan Muslim Rohingya untuk menerima pendidikan tinggi.

“Tanpa pendidikan, tidak mungkin bagi orang untuk melangkah keluar dari masalah mereka dan melihatnya dari sisi luar. Oleh karena itu, adalah substansial bahwa rakyat kita dididik dengan biaya berapapun,” kata Yunus. (arrahmah.com), salam-online

Baca Juga
Baca Juga