Untuk Pertama Kalinya Adzan dengan Pengeras Suara Berkumandang di Stockholm

Swedia-Masjid Fittja di Stockholm-Swedia-jpeg.image
Masjid Fittja di Stockholm, Swedia

SALAM-ONLINE: Dewan Kotapraja Botkyrka di Stockholm, Swedia, menyetujui permohonan pusat budaya Islam mengumandangkan adzan melalui pengeras suara di Masjid Fittja, demikian kantor berita Turki Cihan melaporkan, Sabtu (27/4/2013).

Ini adalah untuk pertama kalinya, adzan berkumandang melalui pengeras suara di menara masjid itu Jumat (26/4/2013) kemarin.

Pusat Kebudayaan Islam Botkyrka telah menerima persetujuan dewan kotapara itu akhir Februari 2013 lalu.

Botkyrka adalah kotapraja di Stockholm yang sebagian besar penduduknya imigran.

Baca Juga

Setelah persiapan teknis dirampungkan, adzan pertama lewat pengeras suara dikumandangkan, Jumat. Sejumlah besar warga Muslim berduyun-duyun ke masjid itu untuk menyaksikan peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ketua Masjid Fittja Ismail Okur mengatakan kepada wartawan bahwa mereka berterimakasih kepada kotapraja atas dikabulkannya permohonan mereka itu.

Menurut Ismail Okur, banyak jamaah sudah lama tak mendengar suara adzan melalui pengeras suara seperti di negara-negara asal mereka.

“Penyiaran adzan pertama dimaksudkan untuk percobaan. Kepala Direktorat Urusan Agama, Meehmet Gormez, akan datang ke masjid kami pekan depan,” kata Okur. (antara/salam-onine)

Baca Juga