Kepala Babi di Locker Pemain Bola Muslim Inggris

Inggris-kepala babi di locker pemain bola Inggris-jpeg.imageSALAM-ONLINE: Seorang Muslim, pemain Liga Premier Inggris terkejut ketika mendapati kepala babi di locker-nya.

“Club melakukan laporan serius atas insiden yang terjadi saat latihan siang ini,” kata pejabat Klub Stoke City kapada harian The Guardian, seperti juga dilansir OnIslam.net (18/5/2013).

“Sebuah investigasi komprehensif dilakukan untuk mencari tahu siapa yang bertanggungjawab atas tindakan yang tidak dapat diterima, dan siapapun pelakunya akan dikenai sanksi sesuai prosedur organisasi,” lanjutnya.

Insiden ini terjadi saat Kenwyne Jones, penyerang Klub Stoke City menemukan “kepala babi yang berlumuran darah” terbungkus di dalam locker nya.

Jones mengatakan bahwa ia mencurigai Glenn Whelan, tokoh Republik dari Ireland international, berada di balik pelecehan ini. Jones berharap agar Whelan menjelaskan tindakannya di hadapan ofisial Stoke City Club sebelum lawatan klub tersebut ke Southampton.

Mengetahui insiden ini, Jones mengatakan membalasnya dengan melempar batu melewati jendela ke arah mobil Porsche milik Glenn Whelan.

Whelan dan Jones bisa dikenai denda jika mereka ditemukan bersalah dan saling bertikai. Mereka akan dikenai sanksi tindakan indisipliner, kata ketua pelaksana harian Klub Stoke Citu, Tony Scholes.

Menyusul insiden ini, gelandang tengah Stoke Citu, Brek Shea mengirim foto kepala babi ke akun twitter nya dan mengatakan, “Locker room banter gone wild!!!”

“Ini adalah kondisi chaos, kita mendengar teriakan dan makian dari arah kamar ganti tapi saya tidak tahu apa yang terjadi namun Kenwyne Jones keluar dari kamar ganti dengan wajah gusar,” kata orang dalam Klub kepada harian Irish Sun.

Baca Juga

Islam memandang babi sebagai hewan najis karena memakan segalanya (0mnivora), dan tidak membedakan memakan tumbuhan atau daging sebagaimana hewan ternak sapi dan kambing yang hanya memakan tumbuhan. Untuk umat Islam diharamkan makan daging babi, dan binatang ini memang tidak sehat untuk dikonsumsi.

Ketika Klub melancarkan investigasi atas apa yang terjadi di sesi latihan tersebut, teman Jones bernama Kissa Abdullah berkicau di akun twitternya mengkritik tindakan pelecehan tersebut.

“lelaki dewasa bertingkah seperti anak-anak, kepala babi bukanlah guyonan, melainkan hal yang menjijikkan!!!!! Apa-apaan??? Saya gak ngerti apa lucunya dari hal ini!!!! Beneran deh,” kicaunya.

Lalu ia menulis lagi: “Saya sendiri tidak paham dengan kelakuan ini, paling tidak dia bisa pakai boneka babi dan bukannya  memakai kepala babi betulan dari pemotongan daging! Tiap orang pastilah marah! … Bayangkan dia menaruh kepala babi yang berlumuran darah ke atas baju latihannya! Dengan sebuah pesan dijauhkan dia dari latihan atau kalau tidak akan tahu sendiri akibatnya!”

Abdullah juga mengutuk tindakan ini sebagai sikap yang tidak sensitif dengan keyakinan kaum Muslim.

“Setiap orang berhak menyampaikan opininya namun saya tidak setuju jika menaruh kepala babi di pakaian seseorang!” demikian tweet yang ditulisnya.

Dia juga me-retweet dari tweet lain yang menyatakan: “Tahukah kalian apa makna kepala babi bagi Muslim??” dengan tweet sebelumnya dari Abdullah, yang mengatakan: “Hanya perlu beberapa menit untuk sensitif pada keyakinan orang lain. Tidak ada yang melarang Anda memiliki rasa humor namun biarkan itu tetap becandaan, namun yang ini tidak!”

Inggirs memiliki minoritas Muslim sebesar 2,7 juta. Dan Stoke City adalah Klub sepakbola profesional yang berbasis di Stoke daerah Trent, Staffordshire. Didirikan pada 1863, Stoke City adalah klub sepak bola yang tertua di Liga Premier. (Abu Akmal Mubarok/salam-online)

Baca Juga