Pembangunan Masjid Baru di Amerika Meningkat

AS-Sebuah masjid megah di AS-jpeg.image
Sebuah Masjid Megah di AS

SALAM-ONLINE: Pembangunan masjid meningkat di Amerika Serikat (AS). Salah satu masjid yang baru dibangun, terletak di Rowland Heights. Kawasan di negara bagian California Selatan maupun di daerah lainnya, pembangunan masjid pun pesat.

Jumlah masjid di daerah Mission Viejo, Irvine, Anaheim, Reseda, Rancho Cucamonga, Rosemead, Diamond Bar dan Tustin, secara signifikan juga meningkat. Beberapa masjid baru tengah direncanakan akan dibangun di Temecula, Ontario, Lomita dan Corona.

Fenomena pembangunan banyak masjid baru ini, terutama di Rowland Height menjadi sorotan publik AS. Masjid baru ini didanai sepenuhnya oleh kaum Muslimin setempat, yang telah menetap di daerah tersebut sejak 1960. Hal ini menarik karena sebelum-sebelumnya setiap ada pembangunan masjid baru pasti didanai oleh pihak asing.

Hal ini bisa ditelisik karena pemerintah AS sendiri memperketat pengawasannya pada investasi asing, terutama dari negara-negara Islam, sejak peristiwa 11 September 2001. Kaum Muslimin di AS juga enggan menerima bantuan dari pihak asing.

“Ini menjadi mengubah pandangan mereka,” kata Direktur Dewan Syura Islam California Selatan, Shakeel Syed, dikutip dari Los Angeles Times.

Baca Juga

Syed mengatakan, setelah peristiwa 11 September, terjadi perubahan yang dinamis pada umat Islam di Amerika Utara. Mereka pada umumnya mulai sadar untuk mengembangkan dana mereka sendiri. “Meski membutuhkan waktu yang lebih lama,” ujarnya.

Syed memaparkan kini banyak umat Islam di AS yang telah sukses dalam beberapa dekade terakhir. Bisnis mereka pun dirasa aman meski negeri ini diterpa krisis ekonomi karena kaum Muslimin mampu membeli properti undervalued dan tidak mengambil investasi berisiko.

Kebanyakan masjid di Amerika masih berupa bangunan yang diperuntukkan untuk beribadah. Namun beberapa konsep masjid yang baru, contohnya Islamic Center di San Gabriel Valle, jumlahnya telah meningkat dalam dekade terakhir.

Jumlahnya kini menjadi sekitar 632 buah di tahun 2011, meningkat dua kali lipat dari tahun 2000 yang hanya berjumlah 314 buah. Angka ini didapatkan dari American Mosque Study pada tahun 2011 lalu. (ROL), salam-online

Baca Juga