Aliansi Nasional Gerakan Islam Akan Gelar Demo Besar Dukung Mursi

Mesir- aliansi nasional Islam pro mursi-jpeg.imageKAIRO (SALAM-ONLINE): Aliansi Nasional kelompok Islam Mesir menyerukan Selasa (2/7/2013) pagi ini untuk menggelar aksi massa besar dalam mendukung Presiden Mohammad Mursi, menyusul adanya ultimatum 48 jam militer bagi semua pihak di Mesir untuk mencapai resolusi.

Koresponden Al Arabiya melaporkan bahwa Ikhwanul Muslimin (IM) dan kelompok-kelompok Islam lainnya mulai mengumpulkan para pendukungnya di provinsi yang berbeda dengan fokus aksi di Kairo dan Giza.

Para aktivis melaporkan bahwa aksi pro-Mursi akan digelar di Universitas Kairo dimana kubu pro Mursi berencana menggelar demo terbuka untuk melawan demonstrasi oposisi.

Selama konferensi pers, Aliansi Nasional partai-partai Islam, termasuk Ikhwanul Muslimin, menolak penggunaan militer untuk “serangan legitimasi” yang mengarah ke kudeta.

Baca Juga

Aliansi juga mengatakan mereka menghormati semua inisiatif untuk menyelesaikan krisis tetapi harus didasarkan pada konstitusi. Karenanya, mereka mengutuk aksi kekerasan yang menewaskan belasan demonstran dan melukai ratusan lainnya.

Setidaknya 16 orang meninggal dalam bentrokan antara demonstran pro dan anti Mursi sejak Ahad (30/6/2013) lalu, ketika ribuan rakyat Mesir membanjiri jalan-jalan untuk menuntut Mursi mundur. (Islampos)

salam-online

Baca Juga