Komnas HAM: “Berjilbab bukan Masalah, yang Masalah Adalah Pelarangannya”

Komnas HAM-wakil ketua komnas HAM Ansori Sinungan-1-jpeg.image
Wakil Ketua Komnas HAM Anshori Sinungan

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengungkap masih menjumpai adanya pelarangan mengenakan jilbab bagi murid Muslimah di sekolah pada beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Bali.

Menurut Wakil Ketua Komnas HAM, Anshori Sinungan, tidak ada alasan apa pun yang bisa membenarkan pelarangan berjilbab.

“Sebab, berjilbab memang bukan masalah. Yang seharusnya masalah, justru pelarangan itu,” ungkap Anshori kepada Republika di Jakarta, Kamis (4/12).

Anshori menyebutkan, pihak Komnas HAM telah melakukan advokasi terhadap murid-murid Muslimah yang tidak bebas menjalankan praktik berjilbab. Apalagi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI sudah memberlakukan Permendikbud Nomor 45 Tahun 2014 tentang peraturan seragam sekolah. Dalam aturan tersebut, antara lain disebutkan, murid Muslimah dibolehkan mengenakan jilbab sebagai seragam sekolah.

Anshori sendiri menyayangkan masih adanya sekolah yang menghalangi anak didiknya menjalankan keyakinan agamanya. Menurut Anshori, kebebasan beragama mesti diartikan secara luas. Yakni, tidak hanya tentang praktik formal di rumah ibadah, melainkan juga penampilan seseorang di ruang publik. Maka, toleransi umat beragama tak hanya sekadar wacana.

Baca Juga

“Pihak sekolah dan pemerintah daerah setempat mestinya bersikap bijaksana,” ujar Anshori.

Apalagi, lanjut Anshori, selama ini toleransi beragama di Bali tidak menjadikan pakaian dari identitas agama tertentu sebagai sesuatu yang mengganggu. Kata Anshori, pelarangan berjilbab justru mengurangi citra baik masyarakat setempat.

“Harus ada langkah nyata dari pemerintah,” pungkas Anshori. (ROL)

salam-online

Baca Juga