Ratusan Muslim Rohingya Terdampar di Aceh

Rohingya-Aceh-Terdapat perempuan dan anak-anak di antara ratusan orang Muslim Rohingya yang terdampar di Aceh-jpeg.image
Terdapat perempuan dan anak-anak di antara ratusan orang Muslim Rohingya yang terdampar di Aceh

NAD (SALAM-ONLINE): Sebanyak empat kapal yang mengangkut sedikitnya 500 orang asal etnik Muslim Rohingya terdampar di perairan Aceh utara, pada Ahad (10/5) pagi waktu setempat.

Keempat kapal yang sejatinya menuju Malaysia itu terdampar di pantai Aceh Utara, Ahad (10/5) dini hari WIB. Sejauh ini, para penumpang yang berasal dari Bangladesh dan Myanmar itu tidak ada yang dilaporkan meninggal atau cedera.

Kabidhumas Polda Aceh, AKBP Teuku Saladin, mengatakan mereka tengah didata oleh pihak imigrasi dan kepolisian di Polres Aceh Utara.

“Namun, karena jumlah mereka banyak, mereka dievakuasi ke Gedung Olah Raga Lhoksukon di Aceh Utara,” ujar AKBP Teuku Saladin kepada BBC Indonesia.

Menurut komandan regu pencarian dan penyelamatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Utara, Darsa, empat kapal yang mengangkut ratusan Muslim Rohingya itu menyuruh para penumpangnya untuk menceburkan diri ke laut dan berenang hingga ke tepian pantai.

“Awak kapal memberitahu bahwa mereka telah mencapai perairan Malaysia sehingga mereka harus berenang ke pantai. Jarak dari titik mereka disuruh terjun ke laut hingga ke pantai mencapai sekitar 1.800 meter,” kata Darsa, yang memperoleh pengakuan dari seorang warga Rohingya yang bisa berbahasa Melayu.

Para pengungsi Rohingya dari Myanmar dibawa ke penampungan sementara di Aceh Besar, pada 2013 lalu.

Baca Juga

Sementara itu, Deputi Direktur Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) di Jakarta, Steve Hamilton, mengatakan pihaknya belum bisa memastikan di mana ratusan orang etnik Rohingya itu akan ditampung.

“Kami harus memastikan keselamatan mereka terlebih dulu. Selanjutnya kami akan mendata apakah mereka pengungsi atau pencari suaka. Kami juga ingin menekankan bahwa ini adalah kewenangan pemerintah Indonesia, kami hanya membantu,” kata Hamilton.

Berdasarkan pemantauan lembaga Arakan Project, yang khusus memonitor pergerakan kaum Rohingya selama lebih dari satu dekade, ada sekitar 7.000 hingga 8.000 orang Muslim Rohingya yang berada di kapal-kapal di Selat Malaka.

Mereka menunggu saat yang tepat untuk merapat ke Malaysia atau Indonesia guna mencari penghidupan yang lebih layak.

Rohingya-ratusan Muslim Rohingya terdampar di Aceh-jpeg.imageHingga akhir November 2014, terdapat 40.070 pengungsi Rohingya yang terdaftar di UNHCR di Malaysia. Sementara di Indonesia terdapat 738 pengungsi Rohingya hingga akhir Februari 2015.

Sumber: BBC Indonesia

salam-online

Baca Juga