Pemberontak Syiah Houthi Alami Kekalahan di Sejumlah Kota di Yaman

Armed Yemeni tribal gunmen from the Popular Resistance Committees loyal to Yemen's fugitive President Abedrabbo Mansour Hadi, monitor a street in the southern city of Taez during ongoing clashes with Shiite Huthi rebels on May 24, 2015.  AFP PHOTO / ABDUL RAHMAN ALBALLAH
Pemberontak Syiah Houtihi

MA’RIB (SALAM-ONLINE): Pejuang Islam Yaman mengalami banyak kemenangan dalam melawan pemberontak Syiah Houthi dan para loyalis mantan Presiden Abdullah Saleh. Kemenangan itu dibantu oleh serangan pesawat tempur pasukan koalisi pimpinan Saudi.

Al Arabiya melansir, pertempuran antara pejuang Islam dengan pemberontak Syiah Houthi terjadi dengan sengit di kota Ta’iz.

Pertempuran dimulai pada Kamis (11/6/2015) dini hari waktu setempat, terutama di distrik Kilabah dekat kamp pasukan keamanan. Sementara para pemberontak terus menerus menyerang rumah-rumah warga dengan artileri dan tank tanpa pandang bulu.

Di Timur Yaman, tepatnya di Provinsi Ma’rib, para pejuang Yaman melakukan serangan balasan terhadap para pemberontak Syiah Houthi. Puluhan pemberontak Syiah tewas, termasuk pemimpin terkemuka Syiah Houthi yaitu Thariq Mubarak Al Moshin.

Baca Juga

Sementara itu, pesawat tempur koalisi melakukan dua serangan di daerah Al Masyjah yang berhasil menghancurkan pos-pos penting Houthi.

Di kota Rada’, provinsi Baidha’, puluhan pemberontak Syiah tewas. Serangan itu juga berbarengan dengan yang terjadi di daerah Rima’ah yang menyebabkan kerugian besar pada pihak pemberontak.

Keberhasilan para pejuang Yaman itu juga terjadi di provinsi Al Jauf. Selain itu tentara koalisi juga sukses menyerang para pemberontak Syiah di wilayah Aqabah dan Azza. Kepulan-kepulan asap terlihat jelas pada markas pemberontak. (ay/salamonline)

Baca Juga