Sedang Dengar Ceramah di Masjid, Muslim Rohingya Diberondong Polisi Myanmar dengan Tembakan

Polisi Myanmar-1-jpeg.image
Polisi Myanmar

SALAM-ONLINE: Polisi Penjaga Perbatasan (BGP) Rakhine, Selasa (2/6), menembaki sekelompok Muslim Rohingya yang sedang mendengarkan ceramah di sebuah masjid di ghetto Kunkar, Akyab, negara bagian Rakhine.

Burma Times, mengutip sejumlah saksi mata, memberitakan sekitar sepuluh anggota BGP melihat Muslim Rohingya memadati masjid kecil dan tiba-tiba melepaskan serentetan tembakan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Puluhan Muslim Rohingya berhamburan ke luar masjid, dan berlarian ke permukiman. Anggota polisi BGP tertawa-tawa.

Penembakan menimbulkan ketegangan di seluruh ghetto Kunkar di Akyab. Mereka teringat kenangan buruk tiga tahun lalu, ketika sekelompok biadab Rakhine Buddhis menyerbu permukiman mereka.

Baca Juga

Beredar rumor serangan serupa, dibantu personel BGP, akan terjadi lagi.

Kerusuhan 2012 adalah yang terburuk. Tentara dan polisi membakar rumah-rumah Muslim Rohingya, orang-orang Rakhine membunuh, dan memperkosa wanita Muslim.

“Saat itu, tidak satu pun dari kami tidur pada malam hari karena takut terbantai saat lelap,” ujar seorang penduduk kepada Burma Times. (atjehcyber)

Baca Juga