Car Free Day di Bundaran HI Diwarnai Aksi Solidaritas Peduli Suriah

CFD-8JAKARTA (SALAM-ONLINE): Suasana Car Free Day (CFD) di Bundaran HI Jakarta Ahad (8/5) pagi tadi diwarnai Aksi Solidaritas Peduli Suriah yang digelar bersama oleh sejumlah elemen, pemuda dan remaja masjid, lembaga kemanusiaan, relawan dan aktivis yang peduli dengan tragedi yang terjadi di Suriah.

Lembaga dan elemen-elemen peduli Muslim Suriah itu antara lain Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dompet Dhuafa (DD), Jakarta Sinergi, Aku Cinta Islam (ACI), Rumah Dakwah Indonesia, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), YISC Al-Azhar, Spirit of Aqsa (SoA), Pagi Berbagi, ITJ Jakarta, Sedekah Harian Jakarta, Pejuang Subuh, One Day One Juz (ODOJ), Peduli Jilbab, Gema 165, Ashabul Kahfi, Gemma, Muda Berdakwah, Q-Gen, dan lainnya.

Mereka menghimpun diri bersinergi dalam satu aksi peduli terhadap tragedi yang tengah dialami oleh rakyat Suriah akibat kebiadaban rezim Basyar Asad yang didukung Rusia, Iran dan milisi-milisi setia para penguasa zalim tersebut.

CFD-7“Siapa yang menolong mereka, saudara-saudara kita di Suriah, sementara penguasa yang semestinya menjadi orang tua, yang seharus menjadi pengayom rakyatnya, justru menumpahkan darah rakyat mereka sendiri,” seorang orator menyampaikan orasinya di hadapan warga CFD, Ahad (8/5) pagi.

“Kalau kita masih sebagai manusia, kalau kita punya rasa kemanusiaan, dan itu ada di Indonesia, saya mohon jawabannya untuk memberikan dukungan kepada mereka,” tegasnya.

Tak hanya berorasi. Mereka juga membacakan puisi kepedulian dan menggelar kain putih panjang untuk ditandatangani sebagai dukungan warga Aleppo Suriah yang saat ini dibantai rezim yang didukung sekutu-sekutu setianya seperti Rusia dan Iran.

Massa peduli Suriah yang berbaur dengan warga di CFD kemudian bersama-sama membubuhkan tanda tangan dukungan dan memberikan donasinya untuk rakyat Suriah yang tengah ditindas.

Baca Juga

CFD-6Para aktivis peduli Suriah itu juga mengeskpresikan diri mereka dengan merebahkan diri di jalan dalam keadaan “berlumuran darah”—untuk menggugah sekaligus menggugat kesadaran publik—betapa kebiadaban tengah menimpa rakyat Suriah saat ini.

Di tengah aksi sedang berlangsung, mantan Menpora Adhyaksa Dault hadir di antara massa. Kandidat cagub DKI Jakarta ini membubuhkan tanda tangan dukungannya untuk rakyat Suriah, memberikan donasi dan menyampaikan orasinya yang disambut pekik takbir oleh warga yang tengah menikmati CFD.

Dua pekan lalu Rusia menggempur satu rumah sakit di Aleppo dan tiga klinik. Pesawat perang Rusia, Sukhoi-24, melancarkan serangan udara mematikan di rumah sakit wilayah Aleppo yang mengakibatkan 50 orang meregang nyawa, termasuk petugas medis, anak-anak dan dokter.

Zaman Al Wasl, Sabtu (30/4) melansir, Rusia menyerang rumah sakit al-Quds, Aleppo pada malam hari menggunakan jet hitam dengan meluncurkan dua rudal KH-29 ke permukaan.

CFD-3Setidaknya lebih dari 250 orang meninggal dalam waktu 9 hari, akibat serangan brutal rezim Suriah dan Rusia di Aleppo. Sebagian besar warga dunia, khususnya PBB diam membisu! (s)

Foto: salam-online

Baca Juga