Sempat Dipersulit, 300 Armada Bus Siap Angkut Umat Islam Sumbar Ikuti Aksi 2 Desember

warga-padang-saat-berangkat-menuju-jakarta-menggunakan-bus-untuk-mengikuti-aksi-411
Ilustrasi: Warga Padang, Sumatera Barat, saat memulai perjalanan menuju Jakarta untuk mengikuti Aksi Bela Islam II pada 4 November yang lalu

PADANG (SALAM-ONLINE): Umat Islam di berbagai daerah kembali bersiap dalam Aksi Bela Islam III pada 2 Desember 2016 mendatang, termasuk Sumatera Barat.

Tersiar kabar ada upaya penjegalan pemberangkatan peserta aksi di Sumbar dengan cara melarang sejumlah perusahaan bus untuk menyewakan armadanya kepada para demonstran.

Hal ini dinyatakan langsung oleh salah satu relawan Aksi Bela Islam III di Sumbar, Imam Abu Qoila. “Rumor itu benar. Ada perusahaan yang didatangi dan dilarang untuk meminjamkan bus kepada demonstran,” katanya saat dihubungi Islamic News Agency (INA) beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, ia menegaskan mereka tak patah arang. Ada sejumlah perusahaan bus lainnya yang mau mengangkut demonstran. Dari provinsi Sumatera Barat sendiri, Imam Abu Qoila mengatakan ada sebanyak 300 bus yang akan siap membawa peserta aksi ke Jakarta.

Baca Juga

Namun, tak hanya angkutan darat. Menurut Abu Qoila, ia juga sempat mendapat kabar bahwa kapal tak akan menyeberangkan angkutan mulai tanggal 25 November. Hal ini ia tanggapi dingin. “Kami dalam proses melobi pesawat. Kami akan tetap datang ke Jakarta,” tegasnya.

“Saat ini persiapannya sudah mulai apel gabungan. Nanti juga akan ada pembekalan prosedur tetap bagi setiap peserta demonstrasi. Insya Allah kami siap berjihad harta dan tenaga di sana,” pungkasnya.

Diketahui, umat Islam Sumbar melaksanakan konsolidasi akbar yang dihadiri seluruh elemen umat Islam dan juga Ketua MUI Sumbar pada Sabtu (26/11/2016) lalu di Masjid Nurul Iman Padang. Konsolidasi dilakukan untuk persiapan mengikuti Aksi 212 di Jakarta. (agh/mr/INA)

Baca Juga