Amankan Pelaksanaan Ibadah Haji, Saudi Kerahkan 100 Ribu Tentara

Garda keamanan Saudi memantau layar di Pusat Nasional untuk Operasi Keamanan di Kota Suci Makkah, 29 Agustus 2017. (Foto: REUTERS/Suhaib Salem)

MAKKAH (SALAM-ONLINE): Saudi Arabia mengerahkan lebih dari dari 100 ribu tentara untuk mengamankan pelaksanaan ibadah haji pada pekan ini.

Juru bicara Keamanan Kementerian Dalam Negeri Saudi, Mayjen Mansour Al-Turki, menyampaikan hal ini pada Selasa (29/8/2017) kemarin.

Kerajaan Saudi, kata Mansour akan memberikan perlindungan kepada 2 juta lebih umat Islam yang melaksanakan ibadah haji pada tahun ini.

Mansour Al-Turki juga mengungkapkan, pihaknya telah menangkap sejumlah sel ekstremis di Makkah dan Madinah selama beberapa tahun terakhir.

Mayor Jenderal Mansour Al-Turki (Foto: REUTERS/Suhaib Salem)

“Dari keahlian dan pengalaman kami menghadapi organisasi teror, kami mendapat pelajaran bahwa sel-sel atau anggota mereka tidak habis, meskipun organisasinya kalah,” ujar Mansour seperti dikutip Reuters, Selasa (29/8).

Baca Juga

“Kita tidak mengabaikan kemungkinan ancaman tersebut dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan,” sambungnya.

Mansour mengatakan, langkah-langkah keamanan sudah diantisipasi di pintu masuk kota Makkah, Madinah, lokasi pelaksanaan ibadah haji, bandara dan pelabuhan.

Ketika ditanya, apakah pihak berwenang saat ini mendeteksi adanya ancaman terhadap jamaah haji, Manshur mengaku belum mendeteksi apa pun.

“Secara kasat mata tidak terlihat, tetapi bukan berarti kita mengabaikan apa yang dilakukan oleh kelompok teroris,” jelasnya. (EZ/Salam-Online)

Sumber: Reuters

Baca Juga