Tokoh Aksi 212 Ajak Ormas yang Tolak Bachtiar Nasir di Acara Tabligh Akbar Garut Agar Bersatu


Tokoh ‘Long March’ jalan kaki dari Ciamis saat Aksi 212 di Monas (2/12/2016), KH Nonop Hanafi menyampaikan orasinya pada acara Tabligh Akbar di Lapangan Kerkof Garut, Sabtu (11/11/2017) pagi. (Foto: EZ/Salam-Online)

GARUT (SALAM-ONLINE): Tokoh Long March Jalan Kaki dari Ciamis saat Aksi 212 di Monas (2/12/2016) yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Huda, Ciamis, Jawa Barat, KH Nonop Hanafi mengajak ormas yang menolak Kehadiran Ketua GNPF Ulama Ustadz Bachtiar Nasir dan Ketum DPP FPI KH Ahmad Shobri Lubis dalam acara Tabligh Akbar di Garut untuk bersatu.

“Untuk Banser, mari kita bersatu, bersama membela agama Allah, jangan dihalangi perjuangan sesama Islam. Kalian ormas-ormas yang tidak suka dengan Tabligh Akbar ini, mari kita bersatu. Musuh kita satu, musuh kita bukan sesama Islam,” tegas KH Nonop Hanafi di atas panggung, Lapangan Kerkof, Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat, Sabtu (11/11/2017) pagi.

Meski demikian, Kiai Nonop mengungkapkan rasa bahagianya dengan adanya penolakan dari ormas tertentu terhadap Tabligh Akbar di Garut. Dengan itu umat Islam akan semakin bersatu. Gairah dan semangat umat Islam untuk menghadiri acara Tabligh Akbar ini pun nampak dengan membludagnya jamaah yang datang dari berbagai daerah Indonesia.

Jazakallah, jazakallah, sudah melarang, dengan demikian kita semakin bersatu, mempereratkan barisan,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, kehadiran Ketua GNPF Ulama Ustadz Bachtiar Nasir dan Ketum DPP FPI KH Ahmad Shobri Lubis sebagai pembicara dalam Tabligh Akbar di Garut mendapat penolakan dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat. Namun dengan dukungan banyak pihak, termasuk dari pengurus Masjid Agung Garut, Bachtiar Nasir dan KH Shobri Lubis tetap hadir sebagai pembicara dalam acara Tabligh Akbar dan Reuni Pra-212 ini.

Bahkan unsur Muspida Kabupaten Garut menggelar Rapat Koordinasi Forkopimda beserta unsur Pemprov Jawa Barat pada Kamis, 9 November 2017, untuk mengawal pengamanan acara ini. Hadir dalam rapat ini Bupati Garut, Kapolres Garut, Dandim 0611 Garut, Kepala Kejaksaan Negeri Garut, Kepala Kesbangpol Kab Garut, Kepala Kemenag Kab garut, Ketua MUI Kab Garut, Kasat Pol PP, serta unsur Pemprov Jabar seperti Dir Binmas Polda Jabar, Kepala Kesbangpol Pemrov Jabar dan Ketua Lembaga Dakwah PWNU Jabar.

Dengan dukungan itu, maka acara Tabligh Akbar dan Reuni Pra-212 ini pun tetap berlangsung dengan menghadirkan Ustadz Bachtiar Nasir dan KH Shobri Lubis. Saat berita ini dibuat, peserta Tabligh Akbar sudah memadati Lapangan Kerkof, Garut, yang mengalir dari berbagai daerah. Sejumlah ormas dan elemen umat masing-masing memandu jamaahnya.

Sementara antusiasme tuan rumah Garut pun nampak sekali dalam menyambut saudara-saudara mereka yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka yang mengalir datang menyambangi Kota Dodol untuk mengikuti Tabligh Akbar ini di antaranya dari Jakarta, Bandung, Aceh, Jambi, Palembang, Lampung, Banten, Cianjur, Tasikmalaya, Cirebon, Solo, Yogya, dan lainnya. (EZ/Salam-Online)