Persatuan Ulama Muslim Sedunia Gelar Sidang Umum di Istanbul

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Persatuan Ulama Muslim Sedunia (IUMS) menggelar Sidang Umum di Istanbul, Turki, Sabtu-Kamis (3-8 November 2018).

Kepala Direktorat Urusan Agama Turki, Ali Erbas, dalam pidato pembukaan sidang yang dihadiri oleh cendekiawan dan ulama Muslim dari berbagai penjuru dunia itu menyatakan bahwa Umat Islam harus bekerja sama untuk membangun masa depan yang lebih baik melalui “pendekatan yang realistis, konstruktif dan holistik dengan cara persuasif”.

Kepala Direktorat Urusan Agama Turki, Eli Erbas

Ia mengingatkan, perjalanan dan perjuangan umat Islam di seluruh dunia akan melalui proses yang tidak mudah karena adanya perang, kemiskinan dan “terorisme”.

“Kita harus bekerja sama untuk membangun masa depan yang lebih baik melalui pendekatan yang realistis, konstruktif dan holistik dengan cara persuasif dalam mengatasi masalah di geografi kita,” kata Erbas, dikutip dari Anadolu Agency (AA), Ahad (4/11).

Ketua Persatuan Ulama Muslim Sedunia Syaikh Dr Muhammad Yusuf Al-Qaradhawi saat menyampaikan pidato pembukaan dalam Sidang Umum IUMS yang digelar pada Sabtu (3/11) sampai Kamis (8/11) di Istanbul

Dalam sambutannya, Erbas juga menyinggung pentingnya menyatukan para cendekiawan Muslim untuk saling mendukung dan bekerja sama dalam bidang-bidang seperti pendidikan agama, penyebaran pengetahuan agama, layanan keagamaan untuk perempuan, keluarga dan pemuda.

Sementara itu, ketua IUMS, Syaikh Dr Muhammad Yusuf Al-Qaradhawi, berharap dan berdoa agar Turki kembali menjadi pusat administrasi (kepemimpinan) dunia Islam.

Dr Salim Segaf Al Jufri (Indonesia) saat berpidato di Sidang Umum IUMS di Istanbul, Turki, Sabtu (3/11/2018)

Hadir dari Indonesia, Dr Salim Segaf Al Jufri, yang dikenal sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dr Salim turut menyampaikan pidato dalam acara pembukaan sidang umum tersebut.

Sidang Umum ini akan berlangsung sampai Kamis (8/11/2018). (mus)

Sumber: AA

Baca Juga