Syaikh Qaradhawi Terima Ucapan Belasungkawa atas Wafatnya Presiden Mursi

DOHA (SALAM-ONLINE): Ulama asal Mesir yang sekarang tinggal di Qatar dan juga Pendiri sekaligus mantan Presiden Persatuan Ulama Muslim Sedunia, Syaikh Dr Yusuf Al-Qaradhawi, menerima  ucapan belasungkawa dari para tokoh dunia atas wafatnya Presiden Mohammad Mursi.

Acara penerimaan berlangsung di Ibu kota Qatar, Doha, pada Rabu (19/6/2019). Para tokoh dunia Islam  dan ulama yang hadir di antaranya adalah Pemimpin HAMAS Palestina, Khalid Mis’al, ulama Syaikh Dr Mohammad Yousry Ibrahim, profesor Wajdi al-Arabi dan sejumlah Ilmuan, tokoh politik dan hukum, serta para aktivis Islam yang tinggal di Qatar.

Dr Mohammad Mursi, meninggal Senin (17/6/2019) dalam sebuah persidangan untuk menghadapi dakwaan yang diyakini banyak orang bermotivasi politik, kantor berita Anadolu melaporkan.Mursi (67), menjadi sasaran banyak persidangan atas sejumlah tuduhan sejak dia digulingkan dan dipenjara dalam kudeta militer 2013.

Dia menghadapi enam dakwaan, termasuk “pembunuhan, mata-mata untuk Qatar, mata-mata untuk Hamas, menghina pengadilan dan keterlibatan dalam terorisme”.

Presiden dari gerakan Ikhwanul Muslimin itu dijatuhi hukuman paling tidak seumur hidup dan ditambahkan ke daftar “teror” resmi Mesir oleh rezim Abdel-Fattah al-Sisi, yang memimpin kudeta militer terhadapnya pada 2013.

Pengadilan diperkirakan akan mengeluarkan putusan akhir dalam dua kasus lain terhadap Mursi akhir tahun ini.

Pada 2015, ia divonis hukuman mati karena dituduh melarikan diri dari penjara selama perlawanan rakyat Mesir terhadap resim Husni Mubarak pada Januati 2011.Mursi kemudian dihukum karena dituduh menjadi “mata-mata” untuk gerakan perlawanan Palestina, Hamas. Karena itu ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Tetapi pada 2016, pengadilan banding tertinggi Mesir, menolak vonis tersebut dan memerintahkan dua retrial terpisah. (mnm/salam)

Sumber: Facebook Al-Ittihad ‘Aalami ‘Ulama al-Muslimin, Anadolu

Baca Juga
awefawef94725
%d bloggers like this: