Hamas Ucapkan Selamat kepada Taliban atas Kekalahan Pasukan Penjajah di Afghanistan

Kepala Biro Politik Hamas Palestina Ismail Haniyeh (kanan) dan Kepala Biro Politik Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar (kiri) di Doha, Qatar: saling mendoakan. (Foto Dokumentasi: Hamas)

SALAM-ONLINE.COM: Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyeh mengundang Mullah Abdul Ghani Baradar, Kepala Biro Politik Taliban, untuk mengucapkan selamat atas kekalahan pendudukan Amerika di Afghanistan.

Saat ini, baik Haniyeh maupun Mullah Baradar, sama-sama berada di Doha, Qatar. Keduanya saling mendoakan.

Pemimpin gerakan Hamas itu mengungkapkan kegembiraan yang memenuhi rakyat Palestina saat mereka menyaksikan kejadian di Afghanistan.

“Saya mengucapkan selamat atas kekalahan pendudukan Amerika di Afghanistan. Dan saya berharap Afghanistan bersatu, kuat dan makmur,” ujarnya dalam situs resmi Hamas, Selasa (17/8/2021).

Haniyeh juga mengapresiasi kinerja politik dan media gerakan Taliban.

Dia mengingatkan runtuhnya penjajahan di tanah Afghanistan adalah awal dari kehancuran seluruh penindasan.

“Dan terutama di antaranya adalah penjajahan Zionis atas tanah Palestina,” ungkap Haniyeh.

Baca Juga

Sementara Kepala Biro Politik Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar menyampaikan terima kasih dan penghargaannya atas ucapan selamat, doa dan harapan pimpinan Hamas itu.

Pemimpin Hamas Palestina Ismail Haniyeh (kanan) dan Pemimpin Taliban Afghanistan Mullah Abdul Ghani Baradar saat pertemuan di Doha, Qatar, setelah Taliban mengambil alih Afghanistan, Ahad (15/8/2021)

Mullah Baradar pun berharap Palestina dan rakyatnya yang tertindas akan segera diberi Allah kemenangan dan kebebasan sebagai buah dari jihad dan perlawanan gagah berani mereka.

Taliban berharap, Palestina yang rakyatnya banyak berkorban, terus membuat kemajuan di jalan Jihad mereka untuk mengalahkan pasukan penjajah.

“Dan kami berharap Hamas dan rakyat Palestina segera diberikan Allah (kekuatan) untuk membebaskan Kiblat pertama kita di Al-Quds dan seluruh tanah Palestina,” katanya.

Kandidat kuat Presiden Afghanistan pasca kemenangan Taliban ini menyerukan negara-negara di dunia agar mendukung rakyat dan bangsa Palestina untuk merdeka. (S)

Baca Juga
awefawef104058