Rasisme & Diskriminasi dari Pihak Berwenang Jadi Masalah Serius di Jerman

Berlin, Jerman (Foto: Dagmar Kielhorn)

SALAM-ONLINE.COM: Rasisme dan diskriminasi dari pihak berwenang adalah masalah serius di Jerman. Banyak orang terus menyaksikan perilaku rasis dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Dari 5.000 orang yang disurvei dalam studi perwakilan nasional, 65% mengatakan mereka yakin ada masalah diskriminasi rasial oleh otoritas negara di Jerman, demikian studi DeZIM Institute yang berbasis di Berlin, dirilis pada Kamis (5/5/2022).

“Rasisme struktural dan institusional dipandang sebagai masalah oleh banyak orang di negara ini,” Naika Foroutan, kata direktur institut tersebut, Naika Foroutan, pada konferensi pers di Berlin, Kamis (5/5), dikutip redaksi dari Kantor Berita Anadolu, Jumat (6/5).

Menurut penelitian tersebut, kekhawatiran ini diangkat tidak hanya oleh migran atau kelompok minoritas, tetapi juga oleh berbagai elemen masyarakat.

Foroutan memaparkan banyak insiden rasisme juga dilaporkan dalam pekerjaan, perumahan dan pendidikan.

“Rasisme telah menjadi masalah sehari-hari di Jerman. Ini tidak hanya mempengaruhi minoritas, tetapi masyarakat secara keseluruhan, secara langsung atau tidak langsung,” terangnya.

Baca Juga

Hampir 45% responden mengatakan bahwa mereka telah menyaksikan insiden rasis, setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka. Sementara 22% dari responden menyebut bahwa mereka pernah mengalami rasisme secara langsung.

Survei juga menemukan bahwa 50% responden setuju dengan pernyataan “Kita hidup dalam masyarakat yang rasis”.

Studi tersebut menunukkan bahwa Muslim, Yahudi, keturunan Afrika atau Asia, migran Eropa Timur, Roma dan Sinti adalah komunitas yang sering mengalami diskriminasi rasial di Jerman.

Foroutan meminta para politisi untuk mengambil sikap yang lebih aktif melawan rasisme dan mengembangkan kebijakan jangka panjang untuk mengatasi masalah tersebut.

“Studi kami menunjukkan bahwa sebagian besar penduduk Jerman akan mendukung ini,” katanya. (S)

Baca Juga