Qatar Akan Kirim 10.000 Rumah Mobil untuk Korban Gempa Turki & Suriah

SALAM-ONLINE.COM: Qatar menyatakan akan mengirim 10.000 rumah mobil ke Türki dan Suriah setelah gempa bumi dahsyat yang melanda kedua negara.

Sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri Qatar, Selasa (7/2/2023) mengatakan langkah itu sebagai bagian dari upaya Qatar untuk berkontribusi dalam meringankan korban gempa di Suriah dan Türki.

Pada Senin (6/2) seperti diberitakan Kantor Berita Anadolu, Selasa (7/2), Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani memerintahkan peluncuran angkutan udara untuk membantu korban gempa di Türki.

Kantor berita negara QNA mengatakan tim penyelamat, rumah sakit lapangan, bantuan kemanusiaan, tenda dan perlengkapan musim dingin juga akan dikirim ke Turki dan Suriah.

Baca Juga

Gempa berkekuatan 7,7 melanda provinsi Kahramanmaras di Türkiye selatan Senin pagi dan gempa berkekuatan 7,6 lainnya menghantam daerah yang sama pada sore hari. Hingga Rabu (8/2) korban meninggal dan terluka dari gempa Turki-Suriah terus bertambah, mencapai lebih dari 7.800 orang.

Berdasarkan keterangan Wakil Presiden Turki Fuat Oktay, korban tewas di negaranya telah mencapai 5.894 orang dan lebih dari 34.000 lainnya luka-luka. Sementara korban meninggal di Suriah tercatat sebanyak 1.932 orang dan lebih dari 3.649 lainnya luka-luka akibat gempa tersebut. (mus)

Baca Juga