Qatar Bersiap Kirim Lagi 1.400 Rumah Mobil untuk Korban Gempa di Turki dan Suriah

SALAM-ONLINE.COM: Qatar sedang mempersiapkan lagi untuk pengiriman 1.400 rumah mobil bagi para korban bencana gempa bumi 6 Februari lalu di Turki dan Suriah, lapor Kantor Berita Anadolu.

“Pengiriman baru sebanyak 1.400 rumah mobil akan dimuat di enam kapal mulai hari ini (Senin, 20 Februari 2023),” kata Duta Besar Turki di Doha, Mustafa Goksu, kepada Anadolu, Senin.

“Kedutaan Besar Turki bekerja sama dengan Qatar Fund for Development akan mengirimkan seluruh rumah mobil secepat mungkin,” katanya.

Qatar telah menjanjikan 10.000 rumah mobil untuk para korban gempa dahsyat yang melanda Turki dan Suriah.

Gelombang pertama sebanyak 306 rumah mobil lengkap tiba di Turki pada 12 Februari lalu.

Baca Juga

“Jumlah pesawat Qatar yang membawa pasokan bantuan mendesak ke Turki sejauh ini telah mencapai 40,” kata diplomat Turki itu.

Setidaknya lebih 46 ribu orang tewas dalam dua gempa dahsyat yang melanda Turki-Suriah. Sebanyak 41.156 orang korban tewas berada di Turki. Di Suriah, menurut data terakhir 5.840 orang meninggal dalam gempa mematikan tersebut. Sementara seratusan ribu lainnya terluka di dua negara itu.

Gempa berkekuatan 7,8 dan 7,7, yang berpusat di provinsi Kahramanmaras, berdampak pada lebih dari 13 juta orang di 11 provinsi, termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, Elazig dan Sanliurfa. (mus)

Baca Juga