Tiga Orang Meninggal dan 213 Terluka Setelah Gempa Susulan Mengguncang Turki Selatan

SALAM-ONLINE.COM: Setidaknya tiga orang tewas dan 213 lainnya luka-luka setelah gempa susulan berkekuatan 6,4 SR mengguncang provinsi Hatay selatan Türki pada Senin (20/2/20223) malam, kata Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu.

“Tiga warga kami kehilangan nyawa; satu di distrik Antakya, satu di distrik Defne dan satu di distrik Samandag,” kata Suleyman Soylu dalam jumpa pers yang diberitakan Kantor Berita Anadolu.

“Upaya pencarian dan penyelamatan sedang dilakukan di tiga lokasi,” tambahnya.

Sejauh ini tercatat ada 32 gempa susulan, demikian menurut badan manajemen bencana Turki AFAD.

AFAD mengatakan gempa berkekuatan 6,4 SR itu terjadi sekitar pukul 20.04 malam waktu setempat (1704GMT) di distrik Defne Hatay.

Baca Juga

Gempa 6,4 ini diikuti gempa susulan berkekuatan 5,8 SR tiga menit kemudian dengan pusat gempa di distrik Samandag di Hatay.

Getaran itu terjadi hanya dua pekan setelah gempa berkekuatan 7,8 dan 7,7 yang berpusat di Kahramanmaras.

Gempa mematikan melanda 10 provinsi lainnya—Hatay, Gaziantep, Malatya, Sanliurfa, Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Kilis, Osmaniye dan Elazig.

Lebih dari 13 juta orang terkena dampak bencana, dengan jumlah kematian sekarang di atas 46.000 jiwa (di Turki dan Suriah), demikian menurut angka resmi terbaru. Dari 46.000 lebih itu, sebanyak 41.156 orang korban jiwa adalah di Turki. Sementara korban meninggal di Suriah sebanyak 5.840 orang. Dan seratusan ribu lebih korban luka-luka di kedua negara. (mus)

Baca Juga