Sudirman yang Bawa Senjata Rakitan ke Masjid Istiqlal Diperiksa Jiwanya

(detik)

JAKARTA (SALAM-ONLINE.COM): Sejumlah petugas Kepolisian menyambangi kediaman laki-laki yang kedapatan membawa pistol rakitan ke Masjid Istiqlal jelang shalat Idul Adha, Jumat (26/10/2012).

Pria dengan nama Sudirman (40) itu adalah warga Jalan Kemuning, Kejambon, Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Rudi Hartono (38), salah seorang tetangga Sudirman saat dihubungi Tribun mengatakan Polisi tiba sekitar pukul 12.00 WIB, dan sempat menemui ibunda Sudirman yang akrab dipanggil “Ju” dan kini tengah sakit itu.

“Sebelum sore, Polisinya sudah pada pergi, saya lihat tidak ada barang yang disita,” katanya.

Rudi menjelaskan, bahwa laki-laki yang akrab dipanggil Dirman itu dikenal kurang waras, dan selama ini tinggal bersama sang ibunda di rumah peninggalan almarhum ayahnya. Di rumah tersebut, juga tinggal Jutro, kakak laki-laki Dirman yang menurut Rudi juga mengalami gangguan kejiwaan.

Jutro sendiri dikenal telah beristri, namun laki-laki yang kadang mengemis di jalan itu memilih untuk tinggal bersama sang ibunda, sementara sang istri tinggal di tempat lain. Di rumah itu, juga tinggal adik perempuan Dirman.  Sementara adik perempuan Dirman yang paling kecil diketahui tinggal di Jakarta.

Rudi menuturkan, di rumah tersebut hampir tidak ada yang memiliki pekerjaan tetap. Bahkan Dirman yang belum pernah berkeluarga itu hingga kini diketahui masih menganggur. Ia pun bingung bagaimana keluarga tersebut bisa tetap makan.

Kini Dirman masih diperiksa oleh petugas Polda Metro Jaya. Rudi pun mengaku kasihan dengan nasib tetangganya itu mengingat kondisi keluarga Dirman.

“Seharusnya Polisi waktu datang ke rumah Dirman bisa melihat kondisi keluarganya, harusnya Polisi kasihan,” tandasnya.

Baca Juga

Rudi juga menjelaskan, bahwa selama ini Dirman di lingkungannya tidak pernah berbuat ulah, bahkan cenderung pendiam. Karenanya, Rudi yakin, hingga Dirman ditangkap, itu merupakan kesalahpahaman belaka.

Polda Metro Jaya mengerahkan psikiater untuk memeriksa kejiawaan Sudirman, seorang pria yang ditangkap membawa senjata rakitan mirip senjata api di Masjid Istiqlal Jakarta.

“Ada psikiater untuk memeriksa psikologinya,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Rikwanto, di Jakarta, Jumat (26/10/2012).

Selain memeriksa kejiwaannya, polisi juga mengecek alamat tempat tinggal Sudirman di Tegal Jawa Tengah.

Diberitakan sebelumnya, Sudirman diamankan petugas Paspampres dan kepolisian di Masjid Istiqlal pada Jumat (26/10/2012) pagi, setelah didapati membawa senjata rakitan seperti senjata api.

Kepada petugas, Sudirman mengaku berangkat dari Tegal pada Kamis (25/10/2012) pagi menumpang bus dengan tujuan menemui saudaranya di Penjaringan, Jakarta Utara. Namun, ia tersasar hingga akhirnya bermalam di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Setelah terbangun, ia ditangkap petugas yang tengah melakukan sterilisasi dalam rangka pengamanan Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Dari Sudirman, petugas mendapatkan sebuah senjata rakitan mirip senjata api, namun tidak berfungsi.

Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal diikuti oleh Presiden SBY dan sejumlah pejabat. (tribunnews.com)

Baca Juga