Dukung Saudi, Qatar Tarik Duta Besarnya dari Iran

file-06-map copy_1 (1)DOHA (SALAM-ONLINE): Sebagai bentuk dukungannya kepada Kerajaan Saudi Arabia (KSA), Qatar telah menarik duta besarnya untuk Iran Pada Rabu (6/1), kantor berita Qatar (QNA) melaporkan.

Langkah itu diambil oleh Qatar setelah negara teluk lainnya memutuskan hubungan dengan Iran menyusul serangan yang dilakukan oleh milisi Syiah ke kedutaan dan Konsulat Saudi  di Teheran dan Masyhad.

“Kementerian telah memanggil Duta Besar Qatar untuk Iran. Hal itu diambil atas dukungan kepada Saudi Arabia,“ ujar Direktur Departemen Luar Negeri Qatar seperti dilansir Arabnews, Rabu (6/1).

Langkah ini dilakukan Qatar menyusul Kuwait, Bahrain, Sudan, dan Djibou0 yang sudah memutus maupun mengurangi hubungan diplomatiknya dengan Iran.

Sementara Yordania dan Mesir juga telah menyatakan dukungan mereka untuk Saudi. Kementerian Luar Negeri Yordania Rabu kemarin memanggil Duta Besar Iran untuk mengutuk serangan terhadap Kedubes dan Konsulat Saudi di Iran.

Baca Juga

Sedangkan Oman adalah satu-satunya anggota Dewan Kerja Sama Negara Teluk ((GCC) yang tidak mengambil tindakan terhadap Iran, tetapi pemerintah Oman pada Rabu mengeluarkan pernyataan mengutuk serangan massa yang dilakukan terhadap Kedutaan dan Konsulat Saudi di Iran sebagai tindakan yang tidak dapat diterima.

Sebelumnya diberitakan, setelah eksekusi atas Nimr al-Nimr, sejumlah warga Iran menyerang dan membakar kantor kedutaan besar dan Konsulat Arab Saudi di Iran, yang direspon Saudi dalam bentuk pemutusan hubungan diplomatic dengan negara berpenduduk mayoritas Syiah itu. (EZ/salam-online)

Sumber: Arabnews

Baca Juga