Dua Lembaga Kemanusiaan Turki Salurkan Daging Kurban untuk Muslim Rohingya

turki-muslim-rohingya-yangon-myanmar-salurkan-kurbanRAKHINE (SALAM-ONLINE): Dua organisasi amal Turki menyalurkan hampir 2.400 paket daging kurban kepada Muslim Rohingya di Myanmar. Bantuan didistribusikan ke bagian barat Rakhine. Di wilayah ini umat Islam tengah mengalami kekerasan.

Kepala Operasional Yayasan Bantuan Kemanusiaan (IHH) Turki di Myanmar, Mucahit Demir, mengatakan lembaga amal Turki akan selalu mengulurkan tangan kepada mereka yang membutuhkan, siapa pun dan di mana pun.

“Kami akan senantiasa memberikan secara tulus, tanpa perlu mempertimbangkan agama dan ras,” kata Demir seperti dilansir kantor berita Anadolu, Sabtu (17/9).

Pada kesempatan ini, IHH telah mendistribusikan setidaknya 2.380 paket daging kepada keluarga Muslim di Myanmar. Bahkan, Demir mengungkapkan, sejumlah anggota IHH menyalurkan bantuan dengan menempuh perjalanan langsung ke Rakhine, Myanmar, yang dihuni 1,2 juta Muslim Rohingya.

“Jika berhasil membuat senyum di wajah mereka, kami sangat senang. Kami akan terus membantu orang-orang yang menderita di seluruh dunia,” imbuh Demir.

Baca Juga

Sementara Wakil Ketua Amal Kemanusiaan Sadakatasi Foundation, Ahmet Ozcan, juga menyatakan keprihatinannya terkait kondisi kehidupan Muslim di Rakhine. Kepada Anadolu, Ozcan mengatakan bahwa Sadakat Foundation mendistribusikan daging kurban di Myanmar bersama IHH.

Menurut Ozcan, lembaganya telah berkoordinasi dengan IHH untuk membantu mereka yang membutuhkan. Ia menekankan pentingnya melaksanakan tugas untuk menjangkau Muslim “yang hidup dalam keadaan sulit”, dimana mereka “kehilangan banyak hal”.

Rakhine merupakan rumah bagi sekitar 1,2 juta Muslim dan salah satu daerah termiskin di Myanmar, terutama akibat meningkatnya kekerasan yang dilakukan etnis Budha-Rakhine terhadap Muslim. Selain banyak Muslim yang dibunuh, ratusan ribu lainnya terpaksa mengungsi. (EZ/salam-online)

Sumber: Anadolu

Baca Juga