BMH Jatim Siap Tampung dan Salurkan Donasi untuk Korban Gempa Aceh

Posko BMH Peduli Bencana Nusantara di Pidie, Aceh

SURABAYA (SALAM-ONLINE): Gempa bumi Aceh, sebagaimana dilansir BNPB melalui situs resminya, Rabu (7/12/2016) terjadi pada pukul 05.03.36 WIB dengan kekuatan 6,5 skala Richter yang berpusat pada 5.19 LU-96.36 BT, 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya atau 121 kilometer tenggara Kota Banda menghantam Kabupaten Pidie Jaya Aceh pada kedalaman 10 kilometer.

Di pusat Kecamatan Meureudu ini keadaan luluh lantak. Satu komplek ruko yang berada di tengah-tengah pasar Meureudu rata dengan tanah. Berdasarkan pengamatan dan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa disebabkan aktivitas sesar (patahan) aktif lokal.

Koordinator Aksi Relawan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Peduli Bencana Nusantara di Lokasi, Ahmad Syakir mengatakan bahwa info terkini korban gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, hingga Jum’at (9/12/2016) berhasil mendata jumlah korban meninggal dunia sebanyak 103 orang.

“Saat ini sudah ratusan korban jiwa dan lainnya masih memadati Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Chik Ditiro Sigli Kabupaten Pidie untuk perawatan lebih lanjut,” papar General Manajer BMH Perwakilan Aceh ini.

Selain itu, lanjut Syakir, sebagian besar pengungsi berpusat di Pasar Induk Meureudu. Peristiwa ini menimbulkan banyak korban jiwa dan luka-luka. Kebutuhan darah pun meningkat tajam karena banyak korban mengalami patah tulang dan butuh operasi segera. Tidak hanya itu, warga juga masih membutuhkan pasokan air dan listrik, terutama bagi mereka yang tinggal di pengungsian. Gempa bumi ini menimbulkan dan merubuhkan ratusan bangunan.

Baca Juga

“Saat ini 11.000-an rumah rusak, 2.000-an rusak berat, 1.500-an rusak sedang dan 8.000-an rusak ringan,“ ujarnya melalui saluran telepon.

Tidak hanya rumah, Syakir mengungkapkan puluhan masjid rusak total. Untuk Tim Relawan BMH Peduli Bencana Nusantara sendiri lebih fokus di pengungsian yang berada di Masjid At-Taqwa, belakang Pasar induk Meureudu. Lokasi ini dianggap paling banyak dipenuhi warga yang mengungsi.

Menanggapi hal itu, Manajer Pandayagunaan Lembaga Amil Zakat Nasional BMH (LAZNAS BMH) Jawa Timur mengimbau kepada masyarakat Muslim untuk mengulurkan bantuannya kepada saudara-saudara kita yang sedang dilanda musibah gempa ini. Bantuan dapat disalurkan melalui LAZNAS BMH.

“Salurkan bantuan terbaik Anda untuk meringankan beban mereka. Diam bukan pilihan, tentukan peranmu, “ kata Abdan.

Bantuan dengan nilai terbaik Anda bisa disalurkan melalui Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan nomor rekening: 7001191831 Atas Nama Baitul Maal Hidayatullah. Nomor Konfirmasi: 031-5928866 / 085102380001. (Andre Rahmatullah, Staf Humas BMH Jawa Timur)

Baca Juga