Natalius Pigai: Jokowi Baru Bangun Satu Ruas Jalan di Papua

Kabar pemerintahan Presiden Joko Widodo sedang gencar-gencarnya membangun Papua, khsusnya di bidang infrastruktur jalan, dibantah oleh tokoh Papua, Natalius Pigai. Menurut mantan Komisioner Komnas HAM ini, dibanding pemerintahan sebelumnya, yakni di era Presiden SBY, capaian Joko Widodo di Papua belum ada apa-apanya. 

Natalius Pigai

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Tokoh Papua Natalius Pigai membantah klaim bahwa pemerintahan Presiden Joko Widodo sedang gencar-gencar membangun tanah Papua khususnya di bidang infrastruktur jalan.

Mantan Komisioner Komnas HAM ini mengungkapkan, Jokowi baru satu membangun ruas jalan di Papua, yaitu yang menghubungkan Wamena, Kabupaten Jayawijaya dengan Kenyam, Kabupaten Nduga.

Menurut Pigai, dibanding pemerintahan sebelumnya, yakni Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), capaian Jokowi ini belum ada apa-apanya. SBY membangun sembilan ruas jalan baru di Papua.

“Kalau sekarang kan cuma satu ruas jalan. Jangan salah ya, di Papua itu sembilan ruas jalan yang sudah bangun oleh Presiden SBY. Sekarang (era Jokowi), baru satu ruas jalan baru, yaitu Wamena-Nduga yang sekarang (jadi tempat) peristiwa (pembantaian). Itu satu-satunya yang dibangun oleh Jokowi,” tutur Pigai, Kamis (6/12/2018), sebagaimanai dikutip RMOL.co

Pigai yang pernah mengungkapkan hal ini dalam dialog di sebuah stasiun TV beberapa waktu lalu, menyatakan, ruas jalan baru adalah pembukaan dan pembangunan jalan baru, berbeda dengan peningkatan, pengaspalan dan perluasan jalan.

“Jadi, kita tidak bisa bilang Jokowi membangun infrastruktur di Papua, yang lain cuma pembangunan normal. Tetapi satu ruas jalan yang menyebabkan 31 mati, inilah satu-satunya pekerjaan Presiden Jokowi,” tutup Pigai. (*)

Sumber: RMOL.co

Baca Juga