Tetap Oposisi, Ini Sikap PKS Terkait Pembentukan Kabinet Jokowi-Ma’ruf

Dari kanan ke kiri: Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dr M HIdayat Nur Wahid, Presiden PKS Dr Mohamad Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Dr Salim Segaf Al Jufri dan anggota Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Tifatul Sembiring. (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso )

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Menyikapi persoalan pembentukan kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), mengeluarkan maklumat khusus.

Salah satu isi dari maklumat yang dikeluarkan Presiden PKS, Mohamad Sohibul Iman, pada Selasa (22/10/2019) adalah, meminta seluruh kader, pengurus DPP, DPD, Fraksi PKS di DPR dan MPR untuk tetap berada di luar pemerintahan.

“Menyikapi situasi politik akhir-akhir ini, seluruh fungsionaris DPP, Fraksi DPR RI, Fraksi MPR RI dan seluruh kader diminta agar tetap fokus mensosialisasikan sikap politik PKS, yaitu tetap berada di luar pemerintahan,” ujarnya dalam rilis yang diterima redaksi, Selasa (22/10).

“Kami mengimbau kepada seluruh anggota keluarga besar PKS agar tidak tergoda atau terjebak mengomentari langkah-langkah politik pihak lain,” serunya.

PKS, menurut Sohibul Iman, tetap menghormati sikap politik pihak lain, dengan harapan, pihak lain juga menghormati sikap politik PKS. Hal tersebut sebagai cermin kedewasaan kita dalam hidup berdemokrasi.

“Terkait sikap politik PKS yang di luar pemerintahan, agar disampaikan secara tegas dan jelas, namun tidak dengan konotasi arogan apalagi seolah menantang untuk beroposisi sendirian,” tuturnya.

Ia meminta, agar semua kader PKS menyampaikan dengan objektif, argumentatif, namun tetap rendah hati. Diakuinya, ini memang bukan pilihan ideal, bahkan pilihan berat.

Namun, kata Sohibul, di tengah partai-partai lain memilih bergabung dalam pemerintahan, PKS merasa bertanggung jawab untuk menjaga marwah demokrasi yang sudah menjadi pilihan jalan politik PKS dan juga bangsa ini, dengan memilih tetap di luar pemerintahan.

“Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala meridhai segala niat dan amal baik kita, dan semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala terus menjaga bangsa ini tetap utuh dalam bingkai NKRI,” pungkasnya. (S)

Baca Juga
awefawef95612
%d bloggers like this: