Dampak Banjir dan Longsor di Jabodetabek, Ini Imbauan BNPB

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Banjir di awal Januari 2020 di saat orang-orang hingar bingar merayakan tahun baru masehi, tak diduga, atas Kuasa Allah, melanda wilayah Jabodetabek lumayan membuat terhenyak.

Banjir di awal tahun baru masehi itu menyebabkan korban, kerusakan dan kerugian harta benda. Berapa banyak mobil dan montor terendam dan terseret air bah yang meluap begitu kencangnya.

Data yang berhasil dihimpun oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dari berbagai sumber menemukan ada 9 korban meninggal dunia karena bencana banjir dan tanah longsor. Berikut adalah daftarnya:

Baca Juga

1. M Ali (82), Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur (Korban mengalami hipotermia)
2. Siti Hawa (72), Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur (Korban mengalami hipotermia)
3. Willi Surahman, Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur (Korban mengalami hipotermia)
4. Rumsinah (68), Jalan Al Barokah RT 07, RW 01, Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere, Kota Depok (Korban tertimbun tanah longsor)
5. N (8), Jalan Al Barokah RT 07, RW 01, Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere, Kota Depok (Korban tertimbun tanah longsor)
6. Amelia (27), Jalan Al Barokah RT 07, RW 01, Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere, Kota Depok (Korban tertimbun tanah longsor)
7. Marsdianto (20), Perumahan Puri Citayam Permai 2, Desa Rawa Panjang, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor (Korban terseret arus banjir saat aliran kali yang berada persis di depan rumahnya menjebol tanggul).
8. Arfiqo Alif (16) warga Kemayoran, Jakarta Pusat, tersetrum listrik
9. Ibu Kusmiyati (30 thn), korban tertimpa tanah longsor, Tanah Sereal, Kota Bogor.

BMKG memprediksi hujan pada hari ini, Rabu (1/1/2020) sehingga masih mungkin banjir terjadi lagi. BNPB, mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah yang potensi banjirnya akan meningkat agar mengungsi ke tempat aman terlebih dahulu. “Yang penting selamatkan jiwa terlebih dahulu,” demikian imbauan dari Kepala BNPB yang dirilis Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo. (S)

Baca Juga