Pengamat: Elektabilitas Anies Jauh di Atas Risma, Ganjar, Ridwan Kamil

Anies R Baswedan

SALAM-ONLINE: Kepala daerah yang kerap disebut-sebut potensial sebagai sosok yang akan maju di pilpres 2024 itu selain Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Namun pengamat politik Adi Prayitno mengatakan, hasil survei sejumlah lembaga selama ini cenderung memperlihatkan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jauh berada di atas kepala daerah lain seperti Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Risma.

“Kenapa Anies sangat potensial di Pilpres 2024? Karena sepengetahuan saya elektabilitasnya leading. Opini publik selalu menempatkan Anies di atas rata-rata,” ujar Adi seperti dikutip jpnn.com, Sabtu (25/1/20).

Baca Juga

Meski demikian, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini belum membeberkan hasil terbaru survei yang dilakukan lembaganya, terkait elektabilitas para kepala daerah maupun bakal calon pemimpin nasional di masa depan.

Terkait kontroversi pro-kontra kebijakan Anies di media sosial, pengamat politik dari Universita Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini memprediksi mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu diuntungkan dari sisi popularitas.

“Ada kecenderungan, semakin Anies di-bully, semakin dikata-katain, maka dia semakin sering diperbincangkan publik dan semakin disukai,” ujar Adi. []

Baca Juga