Politisi Demokrat: Sebelumnya Sibuk Bantah, Begitu IMF Buka Pinjaman, Langsung Ngaku Ada Corona

Joko Widodo dan Menkes Terawan saat mengumumkan adanya kasus Corona di Indonesia

SALAM-ONLINE: Indonesia telah mengumumkan 4 kasus Virus Corona atau Covid-19 dalam sepekan terakhir. Pengumuman ini tentu mengejutkan mengingat pemerintah RI pada pekan sebelumnya dengan gagah memastikan Indonesia zero Corona.

Beragam pertanyaan pun mencuat terkait sikap pemerintah yang berubah 180 derajat ini. Salah satunya dikemukakan oleh politisi Partai Demokrat Adamsyah Wahab.

Adamsyah mempertanyakan keterkaitan antara pengumuman pemerintah itu dengan langkah Dana Moneter International (IMF) yang tengah menyiapkan pinjaman darurat sebesar 50 miliar dolar AS bagi negara berpenghasilan rendah maupun berkembang yang membutuhkan bantuan untuk menangani Virus Corona.

Pertanyaan itu cukup beralasan lantaran IMF juga mengumumkan kabar tersebut pada pekan saat Indonesia mengumumkan ada Corona.

“Sebelumnya sibuk bantah membantah tidak ada Corona di Indonesia, begitu IMF buka pinjaman untuk Corona, langsung ngaku ada Corona. Kepepet?” kata Adamsyah bertanya-tanya dalam akun Twitternya, Ahad (8/3/20).

Baca Juga

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengurai bahwa penyebaran Virus Corona telah membuat banyak negara berisiko. Risiko mengancam negara yang memiliki system kesehatan lemah, ruang kebijakan yang tak memadai, ekspor komoditas yang turut terguncang, dan banyak ketidakpastian lain.

Pinjaman sebesar 10 miliar dolar AS dapat diakses oleh negara-negara termiskin tanpa bunga dengan jangka waktu 10 tahun.

Sementara negara-negara berpenghasilan menengah dan rendah dapat mengakses pinjaman dengan bunga rendah, sebesar 40 miliar dolar AS untuk jangka waktu lima tahun.

rmol.id

Baca Juga