Diduga Berada di Jerman, Jozeph, Pria Ngaku Nabi ke-26 bukan Nama Asli

Jozeph Paul Zhang, diduga bukan nama asli

SALAM-ONLINE.COM: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin mencari informasi mengenai Jozeph Paul Zhang yang mengaku sebagai Nabi ke-26 dan dilaporkan atas dugaan penistaan terhadap Islam. KBRI Berlin menyebut Jozeph Paul Zhang diduga bukanlah nama aslinya.

“Masih kita selidiki. Dalam data kita tidak ada data dengan nama demikian (Jozeph). Sementara diyakini nama aslinya bukan itu,” kata Pensosbud KBRI Berlin Hannan Hadi, Ahad (18/2/2021). Dari informasi yang diperoleh, nama asli Jozeph Paul Zhang berinisial SPS.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI masih mendalami keberadaan Jozeph Paul Zhang, yang diduga menista agama dan mengaku sebagai nabi ke-26. Sampai saat ini belum ada kepastian keberadaan Jozeph.

“Masih didalami keberadaan yang bersangkutan,” ujar juru bicara Kemlu RI Faizasyah, dikutip dari detikcom, Ahad (18/4/2021).

Bareskrim Polri sendiri melakukan koordinasi dengan Interpol untuk memburu keberadaan Jozeph Paul Zhang. Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menduga Jozeph tidak berada di Indonesia.

Baca Juga

Polri juga berkoordinasi dengan pihak imigrasi yang mengetahui data perlintasan Jozeph Paul Zhang sudah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018

Dalam kasus ini, Jozeph sudah dipolisikan. Jozeph Paul Zhang dipolisikan atas dugaan penistaan terhadap Islam.

Laporan itu teregister LP/B/0253/IV/2021/BARESKRIM tertanggal 17 April 2021. Pelapor Jozeph ke Bareskrim, Husin Shahab, mengaku mendapat informasi bahwa Jozeph diduga berada di Jerman.

“Iya saya dengar berita, informasi, dari beberapa netizen, dia bilang bahwa Jozeph Paul ini ada di Jerman,” kata Husin, Ahad (18/4/2021).

“Dan kemudian dari Pak Kapolri sendiri sudah investigasi di imigrasi, mengecek langsung bahwa orang ini memang ada bepergian, bepergian ke luar negeri,” terangnya. (detik)

Baca Juga