PPKM Darurat Diberlakukan, DPR Minta Pemerintah Larang WNA Masuk RI

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad

SALAM-ONLINE.COM: Wakil Ketua DPR RI Dr Ir Sufmi Dasco Ahmad, SH, MH meminta pemerintah melarang warga negara asing (WNA) masuk Indonesia selama penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3 hingga 20 Juli 2021.

“Selama pemberlakuan PPKM Darurat saya meminta kepada pemerintah agar mengambil langkah tegas dengan melarang WNA masuk Indonesia, dengan alasan berwisata maupun bekerja,” kata Dasco kepada wartawan, Ahad (4/7/21).

Menurutnya, larangan ini penting agar kebijakan PPKM Darurat berjalan efektif dan penerapannya tidak diperpanjang setelah berakhir pada 20 Juli mendatang.

“Efektivitas dari kebijakan ini penting untuk diperhatikan, supaya pemberlakuannya hanya sekali saja dan tidak berdampak negatif yang cukup dalam terhadap berbagai sektor,” harap Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu.

Dasco mengingatkan tentang keselamatan masyarakat dengan mengambil langkah antisipasi bertambahnya varian virus baru yang masuk Indonesia.

Menurutnya, kebijakan larangan WNA masuk Indonesia selama penerapan PPKM Darurat bisa menjadi langkah antisipasi varian virus baru dari luar negeri masuk Indonesia.

Baca Juga

Seperti diketahui, pemerintah menerapkan PPKM Darurat mulai 3 Juli sampai 20 Juli 2021. Sejumlah pengetatan pembatasan pun diterapkan untuk menekan laju peningkatan kasus penularan Covid-19.

Namun, sebanyak 20 tenaga kerja asing (TKA) dari Cina tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (3/7) malam. Puluhan TKA Cina itu masuk Indonesia di tengah pandemi yang kini melanda negeri.

Kedatangan pekerja asal Cina tersebut menjadi sorotan masyarakat lantaran saat ini pemerintah tengah menerapkan PPKM Darurat Jawa-Bali untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

Stakeholder Relation Manager Iwan Risdianto membenarkan kedatangan sekitar 20 TKA asal Cina di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin saat dikonfirmasi.

“Iya benar Mas mereka kerja kontrak dengan PT Smelter,” kata Iwan, Ahad (4/7). []

Sumber: CNNIndonesia

Baca Juga